Krisis Pangan Korut Memburuk di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 25 Februari 2023 - 17:04 WIB
loading...
A A A
Namun, baru-baru ini, sanksi internasional yang lebih keras atas program nuklir Kim Jong-un, pembatasan yang terkait dengan pandemi Draconian dan salah urus langsung telah mengambil korban ekonomi yang parah.

Perkiraan Korea Selatan (Korsel) menempatkan produksi biji-bijian Korut tahun lalu sekitar 4,5 juta ton, menurun 3,8% dari tahun sebelumnya. Output biji-bijian tahunan telah mendatar sekitar 4,4 juta ton hingga 4,8 juta ton dalam dekade terakhir.

Korut membutuhkan sekitar 5,5 juta ton biji-bijian untuk memberi makan 25 juta warganya, jadi biasanya kekurangan sekitar 1 juta ton setiap tahun. Sekitar setengah dari celah biasanya diimbangi oleh pembelian biji-bijian tidak resmi dari China.

"Sisanya adalah kekurangan yang belum terselesaikan," kata Kwon Tae-jin, seorang ekonom senior di Institut GS&J swasta di Korsel.

Kwon mengatakan trotoar pada perdagangan lintas batas karena pandemi kemungkinan telah menghambat pembelian beras tidak resmi dari China. Upaya oleh otoritas Korut untuk memperketat kontrol dan membatasi kegiatan pasar juga telah memperburuk situasi.

"Saya percaya tahun ini Korea Utara menghadapi situasi makanan terburuknya sejak Kim Jong-un mengambil alih kekuasaan," ujar Kwon.

Kerawanan pangan telah memburuk ketika pihak berwenang memperketat kontrol atas penjualan biji-bijian pribadi di pasar, alih-alih mencoba membatasi perdagangan biji-bijian ke fasilitas yang dikelola pemerintah.

Langkah-langkah serius yang diambil oleh pemerintah Kim untuk mengatasi pandemi memberikan alat yang efektif untuk memaksakan cengkeraman yang lebih ketat pada jenis aktivitas pasar yang sebelumnya membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat tetapi pada akhirnya dapat mengikis pemerintahan otoriter pemerintah, kata para analis.

Kwon mengatakan kekurangan pangan saat ini tidak mungkin menyebabkan kematian massal karena makanan masih tersedia di pasar, meski dengan harga tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)