4 Negara Pecahan Uni Soviet yang Menjadi Musuh Rusia

Sabtu, 25 Februari 2023 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Hal itu dilakukan menyusul adanya sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa kepada Rusia. Wilayah Kaliningrad sendiri merupakan bagian yang diambil Uni Soviet usai Perang Dunia II.

Selama perang antara Rusia dengan Ukraina, Lithuania tercatat sebagai salah satu negara yang memberikan bantuan kepada Ukraina.

Sampai Desember 2022, total bantuan yang sudah diberikan Lithuania adalah 660 juta euro, di mana 240 juta euronya merupakan bantuan militer.

3. Estonia

Pemerintah Estonia menyatakan bahwa Rusia adalah sebuah ancaman utama. Sebab, Rusia masih memiliki kekuatan besar untuk sanggup mengancam negara-negara Baltik, salah satunya adalah Estonia.

Agresivitas Rusia di wilayah Laut Baltik juga dikabarkan terus meningkat. Menyikapi perang Rusia dengan Ukraina, jajaran intelijen Estonia memprediksikan bahwa Rusia akan kehabisan rudal dalam 3 bulan, terhitung sejak Januari 2023.

Intelijen Estonia pesimis bahwa Rusia bisa melancarkan serangan rudal selama 6 bulan ke depan. Pada Januari 2023, Estonia mengumumkan akan memberikan paket bantuan militer sebesar USD112 juta untuk Ukraina.

Paket bantuan tersebut terdiri dari amunisi, granat, dan komponen pendukung artileri.

4. Latvia

Sama seperti negara lainnya, Latvia tidak mendeklarasikan diri sebagai musuh Rusia. Namun, dari beberapa kebijakan yang diambil, pemerintah Latvia menyukai kisruh yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)