Tambang Batu Bara di China Runtuh, 5 Tewas dan Puluhan Hilang

Kamis, 23 Februari 2023 - 20:50 WIB
loading...
Tambang Batu Bara di China Runtuh, 5 Tewas dan Puluhan Hilang
Tambang Batu Bara di China Runtuh, 5 Tewas dan Puluhan Hilang. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Jumlah korban tewas akibat runtuhnya tambang batu bara di wilayah Mongolia Dalam, China bertambah menjadi lima orang pada Kamis (23/2/2023). Dilaporkan pula, 6 orang terluka dan puluhan lainnya masih hilang.

Runtuhnya tambang terbuka di Liga Alxa yang dioperasikan oleh Xinjing Coal Mining pada Rabu (23/2/2023) meninggalkan tumpukan puing dengan lebar sekitar 500 meter dan diperkirakan setinggi 80 meter, lapor media pemerintah.

Baca Juga: Lereng Gunung di Tambang Batu Bara China Runtuh, 10 Tewas
"Saya baru saja mulai bekerja pada pukul 1.15 siang, ketika saya menyadari ada bebatuan yang berjatuhan dari gunung," kata seorang penambang yang dirawat di rumah sakit kepada stasiun penyiaran negara CCTV.

"Saya melihat situasinya semakin serius, dan evakuasi telah diatur, tetapi sudah terlambat, gunung itu runtuh begitu saja," lanjutnya.

Presiden Xi Jinping pada hari Rabu memerintahkan upaya pencarian dan penyelamatan, media pemerintah melaporkan, meskipun tanah longsor kedua pada malam hari menghambat pekerjaan untuk menemukan korban selamat.

"Kita harus melakukan segala upaya untuk menyelamatkan orang hilang dan merawat yang terluka," kata Xi. Sementara Perdana Menteri Li Keqiang juga menuntut penyelidikan cepat atas penyebab keruntuhan itu.



Tiga ratus personel pemadam kebakaran, 60 mobil pemadam kebakaran, dan enam anjing pencari dan penyelamat berada di tempat kejadian pada Kamis untuk membantu pencarian para penambang yang terjebak, kata media pemerintah.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada Rabu malam, enam orang yang terluka telah diselamatkan dan telah mengirim 15 ambulans dan 45 staf medis untuk membantu penyelamatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)