AQAP Siapkan Serangan ke AS

Kamis, 06 Agustus 2015 - 21:05 WIB
AQAP Siapkan Serangan ke AS
AQAP Siapkan Serangan ke AS
A A A
WASHINGTON DC - Salah satu sel kelompok teroris paling aktif, Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), dilaporkan tengah mempersiapkan serangan ke Amerika Serikat (AS). Ancaman serangan ke negeri Paman Sam itu dikeluarkan oleh Ibrahim al-Asiri, ahli pembuat bom AQAP, dalam sebuah surat yang ditujukan kepada para pengikut kelompok itu.

"Saya memerintahkan untuk menyerang Amerika Serikat, baik di dalam negeri tersebut atau pun simbol-simbol negara itu di luar negeri," ucap al Asiri dalam suratnya seperti dikutip CNN dari situs intelejen, SITE, Kamis (6/9/2015).

Pernyataan yang sama juga dikeluarkan oleh pemimpin senior AQAP lainnya, Khaled Batarfi. Bedanya, pernyataan Batarfi dalam bentuk video yang belum lama ini dirilis. Dalam videonya, Batarfi memuji serangan di Chattanooga, Tennessee, pada Juli lalu yang menewaskan lima prajurit AS.

Serangan dua orang bersenjata di Garland, Texas, pada bulan Mei lalu pun menuai pujian dari Batarfi dan ia menyebutnya sebagai tindakan heroik. "Darah untuk darah," cetus Batarfi dalam video tersebut.

Ia juga meminta agar pengikut AQAP untuk terus melakukan serangan kepada Amerika dan sekutunya. "Untuk para pejuang, semoga Allah memberkati dan membimbing usaha kalian," katanya.

Terkait ancaman ini, pejabat kontraterorisme dan pejabat intelijen AS meyakini orisinalitas surat dan video ancaman tersebut. "Pemimpin baru AQAP terus konsisten mengirimkan surat ancaman yang penuh dengan retorika kepada AS dan negara-negara sekutunya," ujar seorang pejabat kontraterorisme AS.

Sedangkan pejabat intelijen AS menilai, Batarfi telah menempatkan dirinya dalam situasi berbahaya dengan muncul dalam video tersebut. "Batarfi telah menjadi figur bagi AQAP sejak melarikan diri dari penjara di Yaman," ujar sang pejabat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3037 seconds (0.1#10.140)