11 Warga Palestina Tewas dalam Serangan Israel di Nablus

Kamis, 23 Februari 2023 - 05:47 WIB
loading...
A A A
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pihaknya "meningkatkan" operasi setelah pasukannya ditembaki oleh orang-orang bersenjata Palestina. Pasukannya menembakkan rudal yang diluncurkan dari bahu ke gedung tempat persembunyian para militan yang dicari, yang menyebabkannya runtuh sebagian bangunan.

Dikatakan pihaknya bertindak karena memiliki informasi real-time - diduga berdasarkan postingan Facebook geolocated - di lokasi salah satu militan.

"Kami melihat ancaman itu dan kami harus masuk dan menyelesaikan pekerjaan itu," kata juru bicara IDF Letnan Kolonel Richard Hecht dalam pengarahan kepada wartawan.

Tetapi video Palestina yang diposting di media sosial juga menunjukkan para pemuda di jalan, yang tampak tidak bersenjata, tampaknya ditembak saat melarikan diri, dengan salah seorang diantaranya jatuh ke tanah saat terdengar suara tembakan. IDF menggambarkan rekaman itu sebagai "bermasalah" dan mengatakan sedang ditinjau.

Dua militan di gedung yang dikepung itu adalah Muhammad Junaidi, seorang komandan Jihad Islam Palestina, dan tokoh militan senior lainnya, Hussam Isleem.



IDF mengatakan mereka dan militan ketiga, Walid Dkhail, diduga melakukan serangan penembakan, termasuk serangan di Tepi Barat Oktober lalu yang menewaskan seorang tentara Israel, dan merencanakan lebih banyak serangan dalam waktu dekat. Dua tersangka lainnya ditangkap di Nablus pekan lalu.

Selama penggerebekan, Isleem merekam pesan audio WhatsApp yang dibagikan di media sosial, mengatakan: "Kami dalam masalah, tetapi kami tidak akan menyerahkan diri. Kami tidak akan menyerahkan senjata kami. Saya akan mati sebagai martir. Tetap membawa senjata mengejar kami."

Rumah Isleem telah digerebek oleh pasukan Israel awal bulan ini dan keluarganya diinterogasi. Ayahnya mengatakan kepada media Palestina setelah itu bahwa pasukan mengatakan kepadanya bahwa putranya harus menyerahkan diri atau dia akan dibunuh.

Baik Isleem dan Junaidi aktif di Lions Den - sebuah kelompok militan baru yang muncul di Nablus selama setahun terakhir di tengah jatuhnya kendali oleh pasukan keamanan resmi Otoritas Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)