Zelensky Tolak Mentah-mentah Rencana Perdamaian China

Rabu, 22 Februari 2023 - 23:19 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan dalam konferensi pers bahwa proposal perdamaian Zelensky tetap menjadi prioritas utama. Dia mengatakan diplomat top China Wang Yi berbagi "beberapa elemen" dari rencana mereka dengannya, tetapi Ukraina belum melihat rencana lengkapnya.



Di antara keunggulan rencana perdamaian 10 poin Zelensky adalah pemulihan wilayah Ukraina, penarikan pasukan Rusia dari seluruh Ukraina dan pengadilan khusus untuk mengadili kejahatan perang Rusia.

Rencana Zelensky juga mencakup langkah-langkah untuk menjamin keamanan nuklir, memastikan ekspor biji-bijian Ukraina, membebaskan semua tawanan perang, mencegah ekosida dan konflik di masa depan, serta mengonfirmasi akhir perang dengan dokumen yang ditandatangani.

China, di sisi lain, belum mengungkapkan rencananya secara terbuka. Interfax Ukraina, mengutip Bloomberg, melaporkan bahwa rencana Xi Jinping dapat mencakup gencatan senjata. Itu juga bisa termasuk penghentian pasokan senjata Barat ke Ukraina yang telah mendukung upaya pertahanan, yang tidak disebutkan dalam rencana Zelensky.

Saat berpidato di Konferensi Keamanan Munich, Wang Yi, menurut The Guardian, juga mencatat perlunya menghormati integritas teritorial.

Rusia telah menentang rencana Zelensky, dengan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov pada bulan Desember menolak proposal perdamaian berdasarkan kondisi penarikan pasukan, reparasi dan pengadilan internasional.

(ian)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)