Dirasakan 5 Negara, Gempa Terbaru Turki-Suriah Tewaskan 8 Orang

Selasa, 21 Februari 2023 - 23:50 WIB
loading...
Dirasakan 5 Negara, Gempa Terbaru Turki-Suriah Tewaskan 8 Orang
Dirasakan 5 negara, gempa terbaru Turki-Suriah tewaskan 8 orang. Foto/Ilustrasi
A A A
ANKARA - Sedikitnya 8 orang tewas setelah gempa bumi berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) melanda Turki dan Suriah , dua minggu setelah gempa dahsyat dan susulan menewaskan hampir 46 ribu orang serta merobohkan ribuan bangunan di kedua negara.

Gempa yang melanda pada Senin malam itu berpusat di distrik Defne di provinsi Hatay Turki, yang merupakan daerah yang paling parah terkena dampak gempa berkekuatan 7,8 SR pada 6 Februari lalu.

Dilansir dari AP, Selasa (21/2/2023), otoritas manajemen bencana Turki, AFAD, mengatakan gempa baru itu menewaskan enam orang dan melukai 294 lainnya, termasuk 18 orang yang berada dalam kondisi kritis.

Di Suriah, media pro-pemerintah melaporkan, seorang wanita dan seorang gadis meninggal akibat kepanikan saat gempa dirasakan di provinsi Hama dan Tartus.



Gempa hari Senin juga terasa di Yordania, Siprus, Israel, Lebanon, dan Mesir. Gempa susulan berkekuatan 5,8 SR, juga terjadi bersama dengan puluhan gempa susulan.

Pejabat Turki telah memperingatkan warganya untuk tidak pergi ke puing-puing rumah mereka, tetapi beberapa warga nekat melakukannya untuk mengambil apa yang mereka bisa. Tiga dari orang yang tewas pada Senin berada di dalam gedung berlantai empat yang rusak ketika gempa baru melanda.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan gempa hari Senin membuat takut karyawan yang membagikan makanan kepada ratusan ribu orang di barat laut Suriah dan Turki.



"Para karyawan tidur di mobil mereka dalam suhu yang sangat dingin sambil tetap berusaha melakukan pekerjaan mereka," kata WFP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)