PM Hongaria: Eropa Secara Tidak Langsung Sudah Berperang dengan Rusia

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:56 WIB
loading...
PM Hongaria: Eropa Secara Tidak Langsung Sudah Berperang dengan Rusia
PM Hongaria Victor Orban. Foto/Le Monde
A A A
BUDAPES - Eropa secara tidak langsung telah berperang dengan Rusia karena dukungan militernya untuk Ukraina . Hal itu diungkapkan Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban dalam pidato yang membahas penolakannya untuk mengirim senjata ke Kiev.

“Eropa semakin tenggelam dalam perang, pada kenyataannya mereka sudah secara tidak langsung berperang dengan Rusia,” kata Orban dalam pidato kenegaraan tahunannya seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (19/2/2023).

Orban pun memprediksi bahwa pertempuran di Ukraina dapat berlanjut selama bertahun-tahun.



Orban, yang merupakan pemimpin Uni Eropa yang memiliki hubungan paling dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, menegaskan kembali bahwa Hongaria tidak akan memasok senjata ke tetangga timurnya dan Budapest tidak memandang Moskow sebagai ancaman keamanan.

Pemimpin lima periode Hongaria itu, yang merupakan anggota Organisasi Perjanjian Uni Eropa dan Atlantik Utara, mengatakan blok militer perlu tetap menjadi aliansi pertahanan daripada digunakan untuk "secara kolektif menyerang negara ketiga."

Pada saat yang sama, dia mengatakan keanggotaan NATO eksistensial untuk Hongaria dan Ukraina yang berdaulat antara Hongaria dan Rusia adalah untuk kepentingan negaranya.



Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropanya telah memompa senjata ke Ukraina, berjanji terus membantu Kiev "selama diperlukan" untuk mengalahkan Rusia.

Tapi Kiev menjadi semakin frustrasi dengan kecepatan datangnya bantuan senjata Barat. Pengiriman tank tempur - yang dijanjikan bulan lalu oleh sejumlah negara Barat, termasuk Jerman, AS, dan Inggris - diperkirakan masih beberapa minggu lagi untuk tiba di medan perang.

Moskow menuduh AS menggagalkan pembicaraan damai untuk memperpanjang konflik. Rusia menilai strategi Washington hanya dapat mengakibatkan lebih banyak kematian dan kehancuran, sementara tidak mengubah hasilnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)