Alamak, AS Diduga Hancurkan Balon Rp181 Ribu Pakai Rudal Rp6 M!

Minggu, 19 Februari 2023 - 09:12 WIB
loading...
Alamak, AS Diduga Hancurkan Balon Rp181 Ribu Pakai Rudal Rp6 M!
Bukan benda misterius, AS kemungkinan menghancurkan sebuah balon senilai Rp181 ribu (insert) menggunakan rudal Rp6 miliar. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
Teka-teki terkait benda misterius yang ditembak jatuh oleh Amerika Serikat (AS) yang menghebohkan tampaknya mulai terkuak. Sebuah laporan menyatakan jika salah satu objek yang ditembak jatuh itu adalah sebuah balon yang diluncurkan oleh sebuah klub hobi.

Namun yang menggelitik adalah AS sampai harus menggunakan rudal Sidewinder seharga USD400 ribu atau sekitar Rp6 miliar untuk menghancurkan sebuah balon yang nominalnya cuma USD12 atau Rp181 ribu!

Dilaporkan Brigade Balon Bottlecap Illinois Utara mengatakan kepada Aviation Week bahwa salah satu balonnya telah hilang, dan itu kemungkinan adalah salah satu objek yang ditembak jatuh oleh Angkatan Udara AS menggunakan misil pencari panas Sidewinder.

"Saya mencoba menghubungi militer kita dan FBI - dan baru saja mendapatkan jalan keluar - untuk mencoba memberi tahu mereka tentang banyak hal yang mungkin terjadi. Dan mereka tampaknya tidak terlalu pintar untuk menembak mereka," ucap Ron Meadows, yang perusahaannya di California mendesain balon pico kepada Aviation Week.

Klub tersebut mengatakan bahwa mereka telah melacak arah balon pico peraknya. Posisi terakhirnya yang dilaporkan pada 10 Februari adalah di ketinggian 38.910 kaki di lepas pantai barat Alaska.

Balon pico yang menyerupai balon pesta diperlukan diterbangkan di ketinggian yang tinggi, lalu melacak jalur penerbangannya saat melakukan perjalanan melintasi dunia.



Menurut laporan, sebuah balon pico dapat berharga mulai dari USD12 (Rp181 ribu) hingga USD180 (Rp2,7 juta).

Menurut alat pelacak Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), balon itu akan terbang di atas Wilayah Yukon di Kanada pada 11 Februari atau hari yang sama ketika AS mengatakan telah menembak jatuh benda misterius di atas wilayah tersebut.

Kesamaannya cukup menarik, dengan AS mengatakan objek yang ditembak jatuh oleh jet tempur F-22 "bersifat silinder", dan terbang di lokasi yang sama dan pada ketinggian yang sama dengan balon pico milik klub hobi itu.

"Balon itu telah mengelilingi dunia beberapa kali sebelum dinyatakan 'hilang dalam aksi' Sabtu lalu," kata kelompok itu seperti dikutip dari Insider, Minggu (19/2/2023).

Angkatan Udara AS menggunakan rudal Sidewinder untuk menjatuhkan objek di atas Yukon, bersama dengan UFO di Alaska pada hari Jumat dan di atas Danau Huron di Michigan pada hari Minggu. Menurut laporan, biaya rudal masing-masing lebih dari USD400.000 (Rp6 miliar).



Sistem radar AS telah disesuaikan untuk mendeteksi lebih banyak objek di tengah meningkatnya kewaspadaan menyusul ditembak jatuhnya balon China di lepas pantai Carolina Selatan minggu sebelumnya. AS mengatakan bahwa balon itu digunakan untuk spionase.

Presiden AS Joe Biden telah memerintahkan agar benda-benda itu ditembak jatuh atas saran pejabat tinggi militer, yang tidak dapat memastikan sifat atau tujuannya. Ketika militer telah berusaha untuk mengambil puing-puing dari benda-benda yang jatuh, Gedung Putih telah berusaha untuk meredam spekulasi bahwa mereka mungkin berasal dari luar angkasa.

Sedangkan para ahli berspekulasi bahwa mereka bisa saja dikirim oleh kekuatan asing untuk menguji respons AS.

Dalam jumpa pers hari Kamis, Biden mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa benda-benda tersebut telah dikerahkan untuk tujuan jahat.

"Saat ini tidak ada yang menunjukkan bahwa mereka terkait dengan program balon mata-mata China atau bahwa mereka adalah kendaraan pengintai dari negara lain mana pun," kata Biden.

"Penilaian komunitas intelijen saat ini adalah bahwa ketiga objek ini kemungkinan besar adalah balon yang terikat pada perusahaan swasta, lembaga rekreasi atau penelitian yang mempelajari cuaca atau melakukan penelitian ilmiah lainnya," sambungnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)