Auditor Amerika Serikat Menuju Ukraina, Lacak Aliran Dana Bantuan

Sabtu, 18 Februari 2023 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Untuk memantau aliran ini, WSJ mengungkapkan, Washington mengandalkan staf di negara terdekat, staf kecil kedutaan AS di Kiev, pejabat Uni Eropa di Ukraina, dan personel Bank Dunia.

“Saya pikir kami telah menjadi kreatif dan Anda tahu, out of the box, condong ke depan dengan pengawasan yang telah kami capai sejauh ini. Tetapi untuk pengawasan yang benar-benar komprehensif dan kuat, itu tidak dapat dilakukan dari jarak jauh,” papar Nicole Angarella, wakil inspektur jenderal USAID.

Shaw menjelaskan, “Perjalanan ke Kiev dimaksudkan untuk menilai apakah kami merasa bahwa kami perlu hadir di lokasi di dalam negeri. Dan kembali dari perjalanan itu, saya pikir kami merasa bahwa kami melakukannya dan sekarang kami sedang dalam proses mengejar itu.”

Para inspektur “sejauh ini tidak menerima laporan penipuan besar atau ilegalitas” mengenai bantuan AS, menurut WSJ.

Pembersihan pejabat Ukraina oleh Presiden Volodymyr Zelensky baru-baru ini sebagai bagian dari kampanye anti-korupsi tidak ada hubungannya dengan bantuan AS, menurut mereka.

Meski Storch dan Shaw terutama menyoroti bantuan militer, Angarella terutama khawatir dengan lebih dari USD20 miliar yang dikirim AS melalui Bank Dunia untuk membayar gaji para pejabat pemerintah Ukraina.

“Pembayaran tunai adalah risiko terbesar untuk pengawasan,” ujar dia.

“Uang dapat dipertukarkan, dan, Anda tahu, selalu berisiko lebih tinggi,” papar dia.

Menurut Angarella, USAID telah menilai “kontrol yang tepat” telah dilakukan untuk mendeteksi penyalahgunaan dana.

Partai Demokrat yang berkuasa dan oposisi Partai Republik mempertahankan hal terpenting yang harus dilakukan AS adalah terus mendanai Ukraina "selama diperlukan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)