Jadi Mata-mata Rusia, Eks Satpam Kedubes Inggris Dibui 13 Tahun

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:36 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, pengadilan mendengar tentang operasi gabungan yang cermat antara polisi Inggris dan Jerman serta MI5 yang berujung pada penangkapan Smith.

Pada 5 Agustus 2021, Smith diminta oleh seorang anggota staf kedutaan untuk mengawal seorang agen rahasia yang menyamar sebagai pembelot Rusia, "Dmitry" ke dalam gedung.

Smith membuat salinan dokumen yang dibawa Dmitry dan menyimpan kemasan kartu sim dengan nomor telepon pembelot, bukannya menghancurkannya seperti yang diperintahkan. Kemudian di pos keamanannya, Smith diperlihatkan dalam film rahasia menggunakan kamera kecil untuk merekam sekitar 45 detik CCTV yang merekam kunjungan Dmitry sambil berkata: "Jika dia bekerja di kedutaan, mereka akan mengenalnya."

Beberapa hari kemudian, Smith disapa di halte trem oleh mata-mata Rusia palsu, Irina, yang mengatakan seseorang menyampaikan informasi yang "merusak Rusia". Dia tampak skeptis, mengatakan itu telah "muncul pada saya" dan dia perlu berbicara dengan "seseorang", sebuah referensi yang jelas merujuk kepada orang yang membawanya.

Dalam kesaksiannya, Smith mengatakan dia sekarang "malu" atas perilakunya dan menganggap dirinya bangga sebagai orang Skotlandia. Dia mengatakan dia marah pada majikannya, depresi dan minum tujuh pint sehari setelah istrinya yang berusia 20 tahun di Ukraina kembali ke negara asalnya.

Dia mengaku tertarik dengan teori konspirasi yang dianut oleh Alex Jones's InfoWars dan ahli teori konspirasi David Icke, tetapi membantah pro-Rusia atau memiliki simpati sayap kanan.

Namun, jaksa menunjukkan koleksi memorabilia militer Rusia, termasuk bendera dan mainan rottweiler yang besar, serta dukungan masa lalunya untuk separatis yang didukung Rusia di Donbas.

“David Smith menyalahgunakan posisinya di kedutaan Inggris di Berlin untuk secara diam-diam mengumpulkan dan menyampaikan informasi sensitif kepada negara Rusia. Kejahatan-kejahatan ini merupakan serangan terhadap negara kita dan dapat mengancam keamanan nasional," kata Nick Price, dari Crown Prosecution Service.

“Tindakannya tidak hanya didorong oleh uang dan keserakahan. Dalam beberapa kesempatan dia mengungkapkan ketidaksukaan yang kuat terhadap Inggris dan Jerman dan menyatakan simpati kepada otoritas Rusia. Keyakinan ini mungkin telah menyebabkan kerusakan lebih lanjut seandainya Smith tidak ditemukan dan dituntut,” tukasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)