Jadi Mata-mata Rusia, Eks Satpam Kedubes Inggris Dibui 13 Tahun

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:36 WIB
loading...
A A A
Hakim telah menolak bukti meringankan yang disodorkan Smith, termasuk klaimnya bahwa dia hanya ingin mempermalukan kedutaan. Hakim memutuskan bahwa bukti menunjukkan Smith mengambil uang dari Rusia sebagai bagian dari hubungan yang "berkelanjutan".

Dalam hukuman yang disiarkan televisi di Old Bailey, hakim memenjarakan Smith, mantan tentara RAF, selama 13 tahun dua bulan.

Hakim senior mengatakan bahwa selama aktivitas subversif Smith, sejak tahun 2018, dia telah menyalin materi dalam jumlah yang signifikan.

"Anda sepenuhnya sadar bahwa Anda seharusnya tidak menyalin dokumen-dokumen ini dan sama-sama menyadari jika dokumen-dokumen ini jatuh ke tangan yang salah, mereka dapat membahayakan kepentingan Inggris atau menimbulkan ancaman bagi mereka yang bekerja di kedutaan Inggris," kata hakim.

Dikatakan oleh hakim, foto-foto staf kedutaan dengan deskripsi beranotasi dikirim ke kedutaan Rusia menempatkan rekan kerja pada "risiko maksimum."

"Anda menjalin kontak rutin dengan seseorang di kedutaan Rusia dan kontak ini adalah saluran di mana materi yang Anda peroleh secara ilegal diteruskan," kata hakim.

Perilaku Smith, kata hakim, dari tahun 2020 bukanlah satu kali, karena dia dibayar oleh Rusia untuk “pengkhianatannya”.

Hakim menolak rasa penyesalan Smith sebagai "mengasihani diri sendiri", dengan mengatakan dia telah gagal untuk mengakui potensi konsekuensi bencana bagi orang lain.

Smith mendengarkan setiap kata dalam putusan hakim dengan bantuan alat bantu dengar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)