alexametrics

Trump: UE Dibentuk untuk Ambil Keuntungan dari AS

loading...
Trump: UE Dibentuk untuk Ambil Keuntungan dari AS
Presiden Donald Trump menyebut Uni Eropa dibentuk untuk mengambil keuntungan dari AS. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Donald Trump, menyatakan Uni Eropa (UE) dibentuk untuk mengambil keuntungan dari Amerika Serikat (AS). Ia pun berpendapat bahwa sekutu-sekutu Eropa-nyatidak pernah memperlakukanAS dengan baik.

"Uni Eropa dibentuk untuk mengambil keuntungan dari Amerika Serikat," katanya.

"Dibentuk untuk mengambil keuntungan dari Amerika Serikat. Aku tahu itu. Mereka tahu aku tahu itu, tetapi presiden lain tidak tahu," imbuhnya seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (16/7/2020).

Komentarnya itu disampaikannya selama menyampaikan pidato panjang yang mencakup serangkaian topik di Taman Mawar Gedung Putih. Salah satu topik yang dibicarakan adalah pengumuman tindakan terbaru untuk China.(Baca: Trump Tandatangani UU Sanksi China Atas Intervensi di Hong Kong)



"Jangan lupa kita bersaing dengan China, dan dengan banyak negara lain di seluruh dunia. Kita berada dalam persaingan ekonomi yang luar biasa, termasuk Eropa, yang tidak pernah memperlakukan kita dengan baik," ujar Trump.

Trump sering mengkritik lembaga multilateral seperti UE yang beranggotakan 27 negara, yang dituduhnya berusaha melemahkan AS dengan beroperasi sebagai blok perdagangan tunggal.



Pada 2018, ia mengidentifikasi UE, sekutu utama AS, sebagai salah satu musuh terbesar negara itu. (Baca: Merkel: AS Tak Bisa Lagi Diandalkan, UE Harus Bentuk Sistem Pertahanan Sendiri)

"Yah, saya pikir kita memiliki banyak musuh," katanya kepada CBS News kala itu.
(ber)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak