4 Fakta Canggihnya Tank M1 Abrams Amerika Serikat Menggunakan AI

Jum'at, 17 Februari 2023 - 13:19 WIB
loading...
4 Fakta Canggihnya Tank M1 Abrams Amerika Serikat Menggunakan AI
Tank M1 Abrams menjadi andalan di medan perang. Foto/national interest
A A A
WASHINGTON - Fakta tank M1 Abrams Amerika Serikat (AS) akan dibahas dalam ulasan berikut ini. Beberapa waktu lalu terdapat foto yang menunjukkan sistem pengenalan target berbasis kecerdasan buatan (AI) terlihat terpasang pada tank M1 Abrams.

Dalam gambar tersebut menarik perhatian publik lantaran terdapat sistem canggih yang dipasang pada tank M1 Abrams.

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan tingkat keamanan, dimana ancaman dapat segera ditemukan dan dinetralkan dengan mudah.

Lantas, seperti apakah sejatinya kekuatan tank ini? Berikut sejumlah fakta tank M1 Abrams Amerika Serikat yang menggunakan AI.

1. Dilengkapi dengan Fitur yang Mumpuni

Tank ini telah dibekali dengan kotak hitam yang berfungsi sebagai sistem sensor yang diposisikan pada basis berputar di menara M1. Selain itu kotak serupa juga dapat ditemukan di tempat lain khususnya di sekitar tangki.

Kotak tersebut dipasang sebagai bagian dari sistem pelibatan laser yang terintegrasi Instrumentable-Multiple Combat Vehicle Tactical Engagement Simulation System (I-MILES CVTESS).

Sistem tersebut menggunakan laser untuk mensimulasikan konflik dan dapat pula mengevaluasi kerusakan pertempuran dengan mengidentifikasi dan menghitung jumlah serangan yang datang.

2. Spesifikasi Tank M1 Abrams

Dikutip dari laman Military Today, M1A2 Abrams ditenagai oleh mesin turbin gas Avco Lycoming (sekarang Honeywell) AGT1500, yang menghasilkan 1.500 HP. Kecepatan maksimumnya diperkirakan mencapai 42 km/h.

Dari segi dimensinya, Tank M1 Abrams ini memiliki panjang 9,83 m, lebar 3,48 m, tinggi 2,44 m serta beratnya yang mencapai 62,5 ton.

Dengan kapasitas awak sebanyak 4 orang, tank ini telah dipersenjatai senapan mesin koaksial 7,62 mm, senapan mesin 7,62 mm dan senapan mesin 12,7 mm dipasang di atas palka komandan.

3. Abrams Merupakan Nama Seorang Jenderal Angkatan Darat Amerika

Tank M1 Abrams dirancang pada tahun 1970-an dan dikeluarkan untuk Angkatan Darat Amerika Serikat untuk digunakan pada Februari 1980.

Tank khusus ini dinamai Abrams karena merujuk pada salah seorang jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat Creighton Williams Abrams.

Jenderal tersebut gugur saat memimpin operasi militer di Vietnam yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dari tahun 1972 hingga kematiannya pada tahun 1974. Untuk mengenang jasanya pemerintah Amerika membuat tank bernama Abrams.

4. Menjadi Tank Andalan Amerika Selama 40 Tahun

M1 Abrams merupakan tank tempur utama Amerika yang sudah digunakan selama lebih dari 40 tahun.

Berkat serangkaian peningkatannya secara bertahap, membuatnya tetap menjadi salah satu lapis baja paling menakutkan di dunia.

Namun sejak General Dynamics meluncurkan Abrams X, peran dari tank M1 Abrams Amerika Serikat ini tergantikan.

Abrams X merupakan tank pintar generasi berikutnya yang dapat menembak, bergerak, dan berkomunikasi dengan pesawat. Sehingga sangat berbeda dengan pendahulunya tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)