Siapa Transgender Pertama di Dunia? Ini Sosoknya

Kamis, 16 Februari 2023 - 17:10 WIB
loading...
Siapa Transgender Pertama di Dunia? Ini Sosoknya
Lili Elbe atau Einar Wegener adalah sosok transgender pertama di dunia. Foto/all thats interisting
A A A
JAKARTA - Isu transgender yang tengah marak belakangan ini rupanya telah dimulai sejak tahun 1930, ketika seorang laki laki melakukan operasi pergantian kelamin untuk pertama kalinya dipublikasikan ke dunia.

Lelaki ini bernama Einar Wegener yang kemudian berganti nama menjadi Lili Elbe setelah memiliki pemikiran untuk mengganti identitas seksualnya.

Dilansir dari Britannica, Lili Elbe atau Einar Wegener lahir pada 28 Desember 1882, di Vejle, Denmark. Dia merupakan seorang pelukis yang mengalami apa yang sekarang disebut gender disforia.

Karena terlahir sebagai Wegener, seniman ini pada awalnya merupakan pria yang normal. Dia juga menikah dengan seorang wanita bernama Gerda Gottlieb yang juga seorang pelukis andal.

Setelah menikah di tahun 1905, Wegener baru menyadari identitas gendernya yang berlawanan ketika Gottlieb sering menjadikannya model untuk ilustrasi wanitanya.

Sehingga disini Wegener kerap memakai baju dan berdandan layaknya wanita. Hingga pada akhirnya pasangan ini berpindah ke Paris.

Di Paris, Wegener semakin bebas untuk berpenampilan sebagai seorang wanita lantaran jarang orang yang mengenalnya. Dari sinilah dia mulai mengganti identitasnya menjadi Lili Elbe.

Hingga pada akhirnya di tahun 1924 akhirnya Wegener mulai bertransisi menjadi seorang wanita dan bercerai dengan Gottlieb.

Untuk menjadi seorang wanita seutuhnya seniman ini berencana untuk melakukan operasi ganti kelamin (transgender) di tahun 1930.

Sebelum melakukan operasi, Wegener diperiksa terlebih dahulu oleh dokter Jerman dan ahli teori seksualitas Magnus Hirschfeld.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)