China Bersumpah Balas Dendam pada AS soal Balon Mata-mata

Kamis, 16 Februari 2023 - 09:37 WIB
loading...
A A A
Beijing membantah tuduhan itu dan membalas bahwa AS secara rutin mengirimkan balon mata-mata ke China.

Wang mengatakan Washington telah menerbangkan balon ketinggian tinggi di atas wilayah udara China lebih dari 10 kali sejak Mei 2022, termasuk penerbangan di atas wilayah Xinjiang dan Tibet.

Ditanya tentang tuduhan bahwa propagandis China telah mencoba mengalihkan perhatian dari pertanyaan tentang perangkat pengintaian dengan membesar-besarkan penggelinciran kereta Ohio baru-baru ini dan mempromosikan klaim bahwa pasukan AS meledakkan pipa Nord Stream Rusia, Wang mengatakan bahwa Washington adalah pihak yang mencoba mengalihkan perhatian orang.

Wang mengatakan, media-media Barat, yang sebelumnya berspekulasi bahwa Rusia menyabotase saluran pipanya sendiri, bungkam setelah jurnalis AS Seymour Hersh melaporkan pekan lalu bahwa pemerintahan Biden berada di balik pengeboman pipa Nord Stream.

Dia menambahkan bahwa banyak orang Amerika yang mempertanyakan mengapa pemerintah dan media AS mengabaikan penggelinciran kereta sambil terus membesar-besarkan insiden balon. "Orang-orang mempertanyakan, apa yang mereka coba sembunyikan?" kata Wang.

Penggelinciran terjadi pada 3 Februari, satu hari sebelum balon China ditembak jatuh. Kereta itu mengangkut bahan kimia berbahaya, termasuk vinil klorida, yang bocor ke saluran air terdekat, mencapai Sungai Ohio dan membunuh satwa liar.

Para pejabat memutuskan untuk melakukan "pembakaran terkontrol" terhadap bahan kimia, yang menyulut menjadi awan hitam besar racun yang mengepul di area tersebut.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)