Bos Grup Wagner: Tank Leopard Akan Terbakar

Kamis, 16 Februari 2023 - 05:24 WIB
loading...
Bos Grup Wagner: Tank Leopard Akan Terbakar
Tank Leopard. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Pasukan Rusia dapat merebut Bakhmut di Ukraina sekitar bulan Maret atau April. Hal itu diungkapkan Evgeny Prigozhin, kepala kelompok militer swasta Grup Wagner, dalam sebuah wawancara dengan media Rusia RT.

Bagaimanapun, Prigozhin mencatat, waktunya sulit diprediksi karena Kiev terus menerima bantuan militer dari negara-negara Barat. Dia menambahkan bahwa pengiriman peralatan militer Barat, seperti tank tempur utama Leopard buatan Jerman, dapat menjadi faktor penting dalam operasi tersebut.

Namun demikian, kepala Grup Wagner mengatakan mereka akan 100% belajar bagaimana menghancurkan tank Leopard dan 100% akan belajar bagaimana membakarnya.

Prigozhin juga berbicara tentang mengapa Kiev begitu ngotot mempertahankan Bakhmut. Menurutnya ada tiga alasan utama.



Alasan pertama, kata Prigozhin, bersifat politis, karena pertempuran untuk Bakhmut kini pada dasarnya telah menjadi Stalingrad baru – kota tempat pertempuran paling brutal antara pasukan Soviet dan Nazi yang terjadi selama Perang Dunia II, dan yang terbukti menjadi titik balik dalam perang.

Ia mengatakan Bakhmut sekarang melihat sejumlah besar tembakan artileri.

"Di Popasnaya, jika kamu mengulurkan tangan, hanya dalam 30-40 detik, kamu akan terkena pecahan peluru," ujarnya seperti dikutip dari RT, Kamis (16/2/2023).

Ia menambahkan, di Bakhmut, intensitas tembakan artileri 2 hingga 3 kali lebih tinggi.

“Musuh tidak menyimpan amunisi, dan kita harus melakukan hal yang sama,” katanya.



Alasan kedua untuk Ukraina adalah strategis, karena kota tersebut, yang merupakan bagian dari garis pertahanan Ukraina sepanjang 70 km yang dibuat setelah Kiev memulai pertempuran di Donbass pada tahun 2014, adalah pusat transportasi dan logistik yang baik untuk operasi militer, kata bos Grup Wagner.

Alasan ketiga, menurut Prigozhin, berkaitan dengan moral.

"Selama Bakhmut bertahan, moral tentara Ukraina akan tetap tinggi," katanya.

Dia menambahkan bahwa pasukan Kiev pada umumnya mempertahankan moral yang baik, dan bukan berarti mereka mengalami demoralisasi dan dalam pelarian.

Grup Wagner telah berada di garis depan upaya Rusia untuk merebut Bakhmut, kota persimpangan utama Donbass yang telah mengalami pertempuran sengit selama berbulan-bulan dan sekarang hampir dikepung oleh pasukan Rusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)