2 Tahun Ditangguhkan, Konvoi Bantuan Medis Akhirnya Tiba di Jalur Gaza

Kamis, 16 Februari 2023 - 02:02 WIB
loading...
2 Tahun Ditangguhkan, Konvoi Bantuan Medis Akhirnya Tiba di Jalur Gaza
Dua tahun ditangguhkan, konvoi bantuan medis akhirnya tiba di Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
YERUSALEM - Jalur Gaza , daerah kantong pantai yang miskin di Palestina , menerima konvoi bantuan medis pada hari Rabu waktu setempat yang melintasi perbatasan Rafah. Rafah adalah satu-satunya gerbang yang menghubungkan Jalur Gaza dengan dunia melalui Mesir.

Berbicara kepada The New Arab, Wakil Menteri dari Kementerian Pembangunan Sosial yang dikelola Hamas, Ghazi Hamad, mengatakan bahwa konvoi medis datang setelah dua tahun ditangguhkan karena pandemi Covid-19.

Dia menambahkan bahwa konvoi tersebut bertujuan untuk meringankan sebagian dari bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza akibat blokade Israel yang "ilegal".



Disebut "41 Miles of Smile," menurut Hamad, kampanye bantuan tersebut mencakup peralatan medis, obat-obatan, perangkat, dan bantuan untuk penyandang disabilitas.

Selama lebih dari 16 tahun, Israel memberlakukan blokade darat, udara, dan laut di daerah kantong itu setelah gerakan Islam Hamas, yang memenangkan pemilihan legislatif pada tahun 2006, merebut wilayah tersebut.

Sejak itu, otoritas Israel menolak masuknya berbagai barang penting ke Gaza dengan dalih bahwa mereka memiliki kemampuan "ganda" [sipil dan militer]; ini termasuk barang-barang seperti bahan bangunan, peralatan medis khusus, dan alat pertanian.

Untuk mematahkan blokade Israel di sektor medis, aktivis Arab pro-Palestina dan asing meluncurkan konvoi bantuan medis pada tahun 2009 untuk mengirimkan pasokan perawatan kesehatan yang dibutuhkan ke Jalur Gaza.



Sementara itu, kepala kampanye, Issam Youssef, mengatakan dalam konferensi pers setelah menyeberang ke Gaza bahwa kampanye tersebut berusaha untuk mengungkapkan solidaritas dengan orang-orang yang terkepung di Gaza.

"Pesan kami adalah: Gaza tidak sendirian," kata Youssef seperti dikutip dari The New Arab, Kamis (16/2/2023).

Dia menambahkan bahwa rencana delegasi bantuan beranggotakan enam orang itu untuk segera mengunjungi kantong pantai yang miskin tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)