Sebut Israel Berlakukan Apartheid, Barcelona Ceraikan Tel Aviv Sebagai Kota Kembar

Jum'at, 10 Februari 2023 - 13:39 WIB
loading...
Sebut Israel Berlakukan Apartheid, Barcelona Ceraikan Tel Aviv Sebagai Kota Kembar
Aktivis pro-Palestina menyampaikan petisi mereka ke Balai Kota Barcelona menuntut kota itu memutuskan hubungan dengan Tel Aviv. Foto/Middle East Eye
A A A
BARCELONA - Kota Barcelona di Spanyol tidak akan lagi mempunyai hubungan kota kembar dengan Tel Aviv karena "kebijakan apartheid " Israel terhadap Palestina . Pemutusan hubungan ini diumumkan langsung oleh Wali Kota Barcelona pada Rabu lalu.

Dalam konferensi pers, Ada Colau mengatakan bahwa dia menulis kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk memberitahukan kepadanya hubungan antara kota Spanyol dan Israel terputus sampai otoritas Israel menghentikan pelanggaran sistematis hak asasi manusia rakyat Palestina.

Dia mengatakan lebih dari 100 organisasi dan lebih dari 4.000 warga menuntut kota itu membela hak asasi manusia warga Palestina.

Keputusan itu menyusul kampanye para aktivis, menghasilkan petisi resmi yang dijalankan melalui balai kota Barcelona yang mengumpulkan lebih dari 4.000 tanda tangan yang mendesak pemerintah kota untuk memutuskan hubungan dengan Israel.

Bulan lalu, ratusan pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di depan Balai Kota Barcelona, mendesak politisi untuk menangguhkan perjanjian kota kembar dengan Tel Aviv.

Barcelona, Tel Aviv, dan Kota Gaza menandatangani perjanjian persahabatan dan kerja sama pada tahun 1998. Aktivis pro-Palestina menyerukan agar hubungan Barcelona dengan Kota Gaza dilanjutkan.



Dalam suratnya kepada Netanyahu, Colau mengatakan bahwa para pemilih telah memintanya untuk mengutuk kejahatan apartheid terhadap rakyat Palestina, mendukung organisasi Palestina dan Israel yang bekerja untuk perdamaian dan memutuskan perjanjian kembar antara Barcelona dan Tel Aviv.

Barcelona sebelumnya telah menangguhkan hubungan kota kembar dengan kota Rusia St Petersburg tahun lalu setelah invasi Ukraina.

Keputusan itu disambut baik oleh para juru kampanye pro-Palestina dan dikutuk oleh para pendukung Israel serta kelompok-kelompok Yahudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)