Update Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Bertambah Menjadi 25.401 Orang

Sabtu, 11 Februari 2023 - 22:31 WIB
loading...
A A A
Bentrok Antar-Kelompok

Kendati demikian, 82 tentara Austria pada Sabtu menangguhkan operasi penyelamatan di Hatay karena situasi keamanan yang memburuk. Demikian disampaikan seorang juru bicara militer kepada AFP.

"Telah terjadi bentrokan antar kelompok," katanya, tanpa memberikan rincian.

Kantor HAM PBB pada Jumat mendesak semua pelaku di daerah yang terkena dampak—tempat militan Kurdi dan pemberontak Suriah beroperasi—agar mengizinkan akses kemanusiaan.

Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Ankara dan sekutu Barat-nya, mengumumkan penghentian sementara pertempuran untuk meringankan pekerjaan pemulihan.

Di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, sekitar 4 juta orang mengandalkan bantuan kemanusiaan, tetapi tidak ada pengiriman bantuan dari daerah yang dikuasai pemerintah dalam tiga minggu.

Pemerintah Suriah mengatakan telah menyetujui pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang dilanda gempa di luar kendalinya.

Hanya dua konvoi bantuan yang melintasi perbatasan minggu ini dari Turki, di mana pihak berwenang terlibat dalam operasi bantuan gempa yang lebih besar.

Satu dekade perang saudara dan pengeboman udara Suriah-Rusia telah menghancurkan rumah sakit dan menyebabkan kekurangan listrik dan air.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengesahkan pembukaan titik bantuan kemanusiaan lintas batas baru antara Turki dan Suriah. Dewan akan bertemu untuk membahas Suriah, kemungkinan awal pekan depan.

Turki mengatakan sedang berupaya membuka dua rute baru ke bagian Suriah yang dikuasai pemberontak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)