Geledah Rumah Eks Wapres AS, FBI Temukan Dokumen Rahasia

Sabtu, 11 Februari 2023 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Pengacaranya, Matt Morgan, menemukan sekitar selusin dokumen yang ditandai sebagai rahasia dalam empat kotak yang berasal dari kediaman wakil presiden Pence dan kantornya di Gedung Putih.

Tim Pence memberi tahu Arsip Nasional tentang temuan tersebut, dan pejabat Arsip memberi tahu FBI. FBI meminta agar Pence segera menyerahkan dokumen rahasia tersebut dan dia setuju.

Empat kotak materi yang tidak terklasifikasi dibawa ke Washington sehingga Arsip Nasional dapat meninjaunya untuk mematuhi Undang-Undang Catatan Kepresidenan, undang-undang yang mewajibkan semua dokumen kepresidenan diserahkan ke Arsip Nasional AS pada akhir masa pemerintahan.

Kira-kira 12 dokumen rahasia termasuk materi yang digambarkan sebagai memo pengarahan latar belakang yang disiapkan untuk perjalanan luar negeri Pence, dan sumber menggambarkan tanda klasifikasi sebagai "tingkat bawah".

"Kotak-kotak tersebut tidak melalui prosedur menyeluruh yang dimiliki kantor Pence untuk dokumen karena dikemas pada menit terakhir," kata sumber.

Sebelumnya sejumlah dokumen rahasia ditemukan di kantor Presiden Joe Biden saat dia masih menjabat sebagai wakil presiden di kantornya di Washington pada bulan November.

Biden mengatakan mereka segera memberi tahu Arsip Nasional, yang kemudian memberi tahu Departemen Kehakiman AS, tetapi temuan itu tidak dipublikasikan selama berminggu-minggu.



Sejumlah dokumen rahasia juga ditemukan di kediaman Biden di Wilmington, Delaware. Pada hari Rabu, agen FBI juga menggeledah rumah Biden di Pantai Rehoboth, Delaware, dan tidak menemukan dokumen rahasia tambahan.

FBI mengambil ratusan dokumen dari kediaman Trump di Florida Agustus lalu setelah dia gagal memenuhi panggilan pengadilan untuk menyerahkan materi rahasia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)