China: Jika Laporan Jurnalis Investigasi Soal Nord Stream Benar, AS Harus Jelaskan Sendiri

Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Sepanjang "semua rencana licik ini", pejabat tertentu mendesak Gedung Putih membatalkan gagasan itu sepenuhnya.

“Beberapa pekerja di CIA dan Departemen Luar Negeri berkata, 'Jangan lakukan ini. Itu bodoh dan akan menjadi mimpi buruk politik jika terungkap,'” papar sumber itu.

Awalnya, bahan peledak itu memiliki waktu 48 jam dan ditetapkan untuk ditanam pada akhir BALTOPS22, lapor Hersh, mengutip sumber yang sama.

Jendela dua hari, bagaimanapun, pada akhirnya dianggap terlalu dekat dengan akhir latihan oleh Gedung Putih, yang memerintahkan satuan tugas membuat metode sesuai permintaan untuk meledakkannya. Ini akhirnya menjadi pelampung sonar.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah "berfokus" untuk membahayakan jalur pipa Nord Stream, awalnya melalui sanksi, dan, pada akhirnya, dengan sabotase langsung.

Hersh mencatat, Nord Stream dilihat AS sebagai kunci untuk mempengaruhi Eropa di tengah konflik yang membayang di Ukraina.

“Selama Eropa tetap bergantung pada jaringan pipa untuk gas alam murah, Washington takut negara-negara seperti Jerman akan enggan untuk memasok Ukraina dengan uang dan senjata yang dibutuhkan untuk mengalahkan Rusia,” tulis dia.

Moskow memberikan pandangan serupa tentang insiden tersebut tak lama setelah ledakan, mencapnya sebagai "serangan teroris".

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)