Biden Sebut Xi Jinping Hadapi Masalah Besar, China Marah

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:53 WIB
loading...
A A A
Dia juga mengatakan Xi Jinping memiliki "masalah besar". "Termasuk ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik," katanya.

"Bisakah Anda memikirkan pemimpin dunia lain yang bertukar tempat dengan Xi Jinping? Saya tidak bisa memikirkannya," kata Biden.

China membalas pernyataan Biden itu pada Kamis, di mana juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengatakan dalam briefing rutin bahwa Beijing "sangat tidak puas".

"Jenis retorika dari AS ini sangat tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan etiket diplomatik dasar," kata Mao. "Beijing dengan tegas menentang ini."



Beijing juga menggandakan posisinya bahwa balon yang ditembak jatuh oleh AS minggu lalu adalah untuk tujuan sipil, dengan mengatakan klaim bahwa itu adalah bagian dari "armada mata-mata" adalah mewakili "perang informasi" Amerika melawan China.

"AS mengabaikan penjelasan dan komunikasi China yang berulang, reaksi berlebihan, dan penyalahgunaan kekuatan tidak bertanggung jawab," kata Mao.

"Masyarakat internasional dapat melihat dengan sangat jelas apa negara spionase, pemantauan, dan pengawasan terbesar di dunia itu," ujarnya.

Tetapi dalam menghadapi kekhawatiran yang meningkat atas spionase China di langit, Jepang mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Washington ketika menganalisis objek udara tak dikenal yang terlihat di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Benda mirip balon misterius terlihat di Jepang utara pada Juni 2020, di mana penduduk setempat mem-posting gambar di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)