Bertemu Zelensky di Istana Buckingham, Raja Charles: Kami Semua Khawatir

Kamis, 09 Februari 2023 - 00:26 WIB
loading...
Bertemu Zelensky di Istana Buckingham, Raja Charles: Kami Semua Khawatir
Raja Charles III dari Inggris bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Buckingham. Foto/People
A A A
LONDON - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Raja Charles III untuk pertama kalinya saat dia melakukan kunjungan mendadak ke Inggris. Zelensky bertemu dengan Raja Charles setelah tiba di London hari ini.

Bertemu di Istana Buckingham, Raja Charles mengadakan audiensi dengan Zelensky untuk pertama kalinya sejak pecahnya perang di Ukraina tahun lalu.

Dalam pertemuan itu, Raja Charlers mengatakan kepada Zelensky bahwa dia merasa senang menyambutnya di Istana Buckingham.

"Kami semua sudah lama mengkhawatirkan Anda dan memikirkan negara Anda, Saya tidak bisa memberitahumu," katanya seperti dilansir dari BBC, Kamis (9/2/2023).



Sementara itu dalam potingannya di Instagram, Zelensky mengatakan dia berterima kasih atas sambutan hangat Raja Charles dan dukungannya kepada warga Ukraina yang mengungsi ke Inggris Raya.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menjadi Presiden Ukraina pertama dalam sejarah hubungan Ukraina-Inggris yang mendapatkan kehormatan untuk melakukan audiensi dengan Raja Inggris," kata Zelensky di Instagram.

Dia juga mengucapkan selamat atas naik takhtanya Raja Charles dan berharap rakyat Inggris akan mendapatkan perdamaian dan kemakmuran.

Ini adalah kunjungan pertama Zelensky ke Inggris sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.



Sebelumnya dia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada bulan Desember lalu, dan bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda untuk berbicara tentang kepulangannya.

Selama perjalanannya ke Washington, dia berpidato di Kongres AS, di mana dia menerima beberapa tepuk tangan meriah dan mengatakan bahwa Ukraina tidak akan pernah menyerah.

Presiden Joe Biden juga mengumumkan lebih banyak dukungan untuk Ukraina, termasuk sistem pertahanan rudal Patriot.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)