Gereja Inggris Bahas Status Tuhan yang Netral Gender, Ini Sebabnya

Rabu, 08 Februari 2023 - 21:01 WIB
loading...
Gereja Inggris Bahas Status Tuhan yang Netral Gender, Ini Sebabnya
Pendeta Joanna Stobart dari Bath and Wells. Foto/twitter/@BathWells
A A A
LONDON - Umat Kristiani Liberal mendorong Church of England (Gereja Inggris) untuk menghapus referensi gender kepada Tuhan dari kitab suci dan berbagai layanan.

Telegraph melaporkan hal itu pada Selasa (7/2/2023). Menggambarkan Tuhan sebagai seorang pria (man), menurut mereka, adalah "salah membaca teologis".

Argumen itu diajukan pada sidang Sinode Umum, badan pembuat undang-undang Gereja, pekan ini.

Menurut Telegraph, Pendeta Joanna Stobart dari Bath and Wells bertanya kepada Komisi Liturgi tentang langkah apa yang diambil “untuk mengembangkan bahasa yang lebih inklusif dalam liturgi resmi kita.”



Stobart berkata dia menginginkan lebih banyak pilihan untuk “berbicara tentang Tuhan dengan cara non-gender,” dan lebih banyak doa yang tidak mengacu pada Tuhan “menggunakan kata ganti laki-laki.”

Komisi Liturgi bertanggung jawab menetapkan bagaimana kebaktian gereja dilakukan, termasuk bahasa apa yang digunakan selama kebaktian ini.

Wakil ketuanya, Uskup Litchfield, mengatakan kepada Stobart bahwa komisi telah “menjajaki penggunaan bahasa gender dalam hubungannya dengan Tuhan selama beberapa tahun,” dan akan membahas masalah ini dengan Komisi Iman dan Ketertiban musim semi ini.



Namun, perubahan apa pun terhadap liturgi Gereja akan membutuhkan persetujuan bulat dari Sinode, di mana terdapat tentangan yang kuat.

“Fakta bahwa Tuhan disebut 'Bapa' (Father) tidak dapat digantikan oleh 'Ibu' (Mother) tanpa mengubah makna, juga tidak dapat dinetralkan secara gender menjadi 'Orang Tua' tanpa kehilangan makna,” ujar Pendeta Ian Paul, anggota Dewan Gereja Dewan Uskup Agung, menanggapi usulan Stobart.

“Ayah dan ibu tidak dapat dipertukarkan tetapi berhubungan dengan keturunannya dengan cara yang berbeda,” papar Ian Paul.

Dia menambahkan, “Jika Komisi Liturgi berusaha mengubah ini, maka dengan cara yang penting mereka akan menjauhkan doktrin Gereja dari yang didasarkan pada Kitab Suci.”

Gereja Inggris berbeda dari Gereja Katolik dalam beberapa hal utama seperti Gereja Inggris tidak mengakui Paus sebagai seseorang yang ditunjuk sebagai “Wakil Kristus”, mengizinkan pendeta untuk menikah, dan mengizinkan wanita untuk ditahbiskan, sambil mendelegasikan lebih banyak wewenang kepada masing-masing uskup dan menteri.

Jadi, sementara perintah dari Vatikan melarang para imam Katolik untuk memberkati pernikahan sesama jenis, Sinode Umum Gereja Inggris saat ini sedang mempersiapkan pemungutan suara yang kontroversial tentang masalah tersebut pekan ini.

Meski katekismus gereja Katolik dan Anglikan tidak mendefinisikan Tuhan sebagai laki-laki atau perempuan, keduanya merujuknya sebagai laki-laki dalam liturgi mereka.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)