Fakta Balon Mata-Mata yang Digunakan China di AS

Selasa, 07 Februari 2023 - 15:46 WIB
loading...
A A A
Sedangkan balon pengintai China yang ketiga, disampaikan pemerintah AS, beroperasi di tempat bagian lain. Balon-balon tersebut dianggap sebagai bagian dari program pengawasan militer China.

3. Telah Ada Sejak Lama

Balon mata-mata untuk mengintai musuh sebenarnya telah digunakan sejak tahun 1794. Saat itu, dalam Pertempuran Fleurus, Prancis menggunakan balon udara panas untuk melacak pasukan Austria dan Belanda.

Pada awal Perang Dingin, AS juga menggunakan ratusan balon untuk memantau musuh-musuhnya.

Namun, teknologi satelit muncul dan dapat mengumpulkan data intelijen penerbangan dari luar angkasa. Akibatnya, penggunaan balon mata-mata berkurang dan membuatnya ketinggalan zaman.

4. Dapat Mengumpulkan Informasi

Secara harfiah, balon mata-mata merupakan balon yang berisi gas dan dapat terbang di langit sebagaimana halnya pesawat terbang.

Dikendalikan dengan komputer, balon yang dipastikan tak berawak ini dapat dikemudikan naik turun dan berkeliaran dalam batas tertentu.

Balon mata-mata dapat dilengkapi sejumlah kamera canggih dan teknologi pencitraan untuk mengumpulkan informasi mengenai apa pun yang terjadi di darat.

Pihak AS menuding, kemungkinan balon China yang terbang di wilayah AS bertujuan mengumpulkan informasi tentang sistem komunikasi dan radar AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)