AS Murka Balon Mata-mata China Berkeliaran, Sebut Pelanggaran Kedaulatan

Minggu, 05 Februari 2023 - 10:35 WIB
loading...
AS Murka Balon Mata-mata China Berkeliaran, Sebut Pelanggaran Kedaulatan
AS menembak jatuh balon mata-mata Cina yang disebut sebagai pelanggaran kedaulatan yang tidak dapat diterima. Foto/Japan Times
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Llyod Austin, mengatakan balon mata-mata China telah ditembak jatuh oleh sebuah jet tempur F-22 Raptor . Ia menyebut tindakan itu sebagai respons terhadap pelanggaran kedaulatan yang tidak dapat diterima oleh China.

"Tindakan yang disengaja dan sah hari ini menunjukkan bahwa Presiden Biden dan tim keamanan nasionalnya akan selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan rakyat Amerika sambil menanggapi secara efektif pelanggaran yang tidak dapat diterima oleh RRC atas kedaulatan kita," kata Austin seperti dikutip dari situs Departemen Pertahanan AS, Minggu (5/2/2023).

Dikatakan oleh Austin, Presiden Joe Biden telah memerintahkan tindakan tersebut pada hari Rabu lalu, tetapi ditunda sampai balon berada di atas air di lepas pantai Carolina Selatan untuk memastikan tidak ada warga Amerika yang terluka.

"Balon, yang digunakan oleh RRC dalam upaya untuk mengawasi situs-situs strategis di daratan Amerika Serikat, dijatuhkan di atas perairan teritorial AS," kata Austin.

Diketahui, balon mata-mata China ditembak jatuh oleh jet tempur F-22 Raptor dari Sayap Tempur Pertama di Pangkalan Angkatan Udara Langley, Virginia, menembakkan satu rudal Sidewinder AIM-9X ke balon itu.

Balon tersebut jatuh kira-kira enam mil lepas pantai di kedalaman sekitar 47 kaki. Tidak ada yang terluka.

Seorang pejabat militer AS memberikan beberapa detail tentang operasi menembak jatuh balon mata-mata China itu. Jet tempur F-22 menembakkan rudal Sidewinder ke balon dari ketinggian 58.000 kaki. Balon pada saat itu tingginya antara 60.000 dan 65.000 kaki.



Jet tempur F-15 Eagles terbang dari Barnes Air National Guard Base, Massachusetts, mendukung F-22, begitu pula tanker dari berbagai negara termasuk Oregon, Montana, South Carolina dan North Carolina. Pasukan Kanada juga membantu melacak penerbangan balon tersebut.

Jauh sebelum ditembak jatuh, pejabat AS mengambil langkah-langkah untuk melindungi balon dari pengumpulan informasi sensitif, mengurangi nilai intelijennya bagi China. Pejabat senior pertahanan AS mengatakan pemulihan balon akan memungkinkan analis AS untuk memeriksa peralatan China yang sensitif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)