AS Segera Tembak Jatuh Balon China di Atlantik, Biden Janji Mengurusnya

Minggu, 05 Februari 2023 - 04:28 WIB
loading...
AS Segera Tembak Jatuh Balon China di Atlantik, Biden Janji Mengurusnya
Balon China masih berada di atas wilayah AS. Foto/Chase Doak
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mungkin menunggu menembak jatuh balon China di atas Atlantik.

Seorang pejabat senior AS yang mengetahui situasi tersebut menjelaskan rencana itu kepada media. Beberapa pihak dilaporkan menganggapnya terlalu berisiko untuk mencoba menjatuhkannya di benua AS.

Menurut orang dalam tersebut, Amerika Serikat ingin menangkap balon tersebut untuk mempelajarinya, dan sedang menyusun rencana menembak jatuh balon tersebut agar mendarat di perairan teritorial AS untuk menghindari insiden internasional.

Sumber tersebut menambahkan tindakan tersebut akan memerlukan penutupan wilayah udara lokal yang substansial.



Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada jurnalis, "Kami akan mengurusnya", ketika seorang reporter bertanya kepadanya apakah AS akan menembak jatuh balon tersebut.

Balon ketinggian tinggi dapat keluar dari Pantai Timur AS "paling cepat Sabtu pagi," menurut model cuaca dari National Oceanic and Atmospheric Administration. Balon itu sekarang diyakini melayang di atas Carolina Utara.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS Brigjen Pat Ryder mengatakan pada Jumat bahwa balon telah "berubah jalurnya" dan melayang ke bagian tengah negara itu.

Setelah balon itu ditemukan di negara bagian Montana Kamis malam, para pejabat AS mulai meminta pemerintahan Biden untuk menembak jatuhnya.

Republikan Marjorie Taylor Greene (MTG) mendesak Presiden Biden agar balonnya ditembak jatuh "segera". Dia menunjukkan pendahulunya, Donald Trump, akan melakukannya. Kebetulan, Trump dan putranya, Donald Jr, setuju dengan penilaian MTG.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)