Menlu Rusia Mengaku Dapat Pesan dari Menlu AS, Apa Isinya?

Rabu, 01 Februari 2023 - 11:18 WIB
loading...
Menlu Rusia Mengaku Dapat Pesan dari Menlu AS, Apa Isinya?
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengaku mendapatkan pesan dari Menteri Luar Negeri AS terkait konflik di Ukraina. Foto/Financial Times
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken telah menyampaikan pesan baru ke Moskow tentang konflik yang sedang berlangsung dengan Ukraina, meskipun pernyataan itu tidak memberikan nilai apa pun.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov setelah melakukan pembicaraan dengan rekannya dari Mesir, Sameh Shoukry.

Dikatakan Lavrov, sementara Moskow selalu siap untuk mendengar proposal serius dari Washington yang ditujukan untuk menyelesaikan situasi saat ini, pesan dari Blinken tidak berisi informasi seperti itu.

“Menteri (Shoukry) mengatakan bahwa dia menyampaikan pesan tertentu dari Sekretaris Negara Blinken, yang baru-baru ini berkunjung ke Kairo. Saya bisa mengonfirmasi itu,” kata Lavrov seperti dikutip dari RT, Rabu (1/2/2023).

Diplomat top Rusia itu menambahkan bahwa pesan itu sekali lagi mendesak Moskow untuk berhenti dan pergi dari Ukraina, maka semuanya akan baik-baik saja.



Namun, lanjut Lavrov, tujuan sebenarnya dari AS dan kolektif Barat telah diartikulasikan dengan lebih jelas oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

“Dalam salah satu pidatonya, dia mengatakan bahwa Rusia harus kalah, Rusia harus dikalahkan, dan Barat tidak boleh membiarkan Ukraina kalah, karena dengan begitu Barat akan kalah. Dan seluruh dunia akan kalah,” Lavrov menjelaskan, mengacu pada komentar Sekjen NATO.

“Artinya, dia memutuskan untuk berbicara tidak hanya atas nama tiga lusin anggota NATO, tetapi juga atas nama semua negara lain di dunia, (termasuk) Asia, Afrika, dan Amerika Latin,” imbuhnya.

Beberapa pejabat senior AS telah berulang kali mendesak Moskow untuk mengakhiri kampanye militernya di Ukraina, serta menyerahkan bekas wilayah Ukraina yang dimasukkan ke Rusia setelah referendum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)