Alasan Rasmus Paludan Tidak Ditangkap Polisi Setelah Membakar Al-Quran

Selasa, 31 Januari 2023 - 13:37 WIB
loading...
Alasan Rasmus Paludan Tidak Ditangkap Polisi Setelah Membakar Al-Quran
Rasmus Paludan membakar Al-Quran di depan masjid di Kopenhagen, Denmark, Jumat (27/1/2023). Foto/anews.com.tr
A A A
KOPENHAGEN - Rasmus Paludan, politikus Swedia-Denmark yang anti-Islam, lagi-lagi mendapat sorotan. Pasalnya pada Jumat (27/1/2023), ia kembali membakar Al-Quran di dekat masjid serta di luar Kedutaan Besar Turki di Kopenhagen, Denmark.

Bahkan ia mengancam akan rutin membakar salinan Alquran hingga Swedia diterima sebagai NATO. Meski sering kali membakar Alquran, hingga kini ia belum ditangkap juga. Berikut alasannya.

1. Rasmus Paludan Mendapat Izin

Rasmus Paludan telah beberapa kali membakar Al-Quran. Pada Jumat (27/1/2023), Rasmus kembali membakar Alquran di dekat sebuah masjid dan di luar kedutaan Besar Turki di Kopenhagen, Denmark. Terakhir, ia melakukannya pada 21 Januari 2023 lalu di tengah unjuk rasa di Swedia.

Diketahui, Paludan sudah mendapat izin untuk aksi tersebut. Saat ia melakukan pembakaran itu, Swedia tengah berjuang meyakinkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan agar memberi izin bagi Swedia bergabung dengan NATO.

Keputusan untuk mengizinkan pembakaran Alquran tersebut terjadi di tengah hubungan yang tegang antara Swedia dan Turki.

Paludan tidak hanya membakar Alquran dengan izin dari pihak berwenang, namun juga mendapat perlindungan dari petugas polisi yang menjaga.

2. Swedia Mempunyai UU Kebebasan Berekspresi dan Protes

Karena dianggap bagian dari kebebasan berekspresi dan berpendapat, pemerintah Swedia memberi izin atas tindakan pembakaran Al-Quran yang dilakukan Rasmus Paludan itu.

Diketahui, Swedia mempunyai UU Kebebasan Berekspresi dan Protes. Namun, seharusnya UU tersebut tidak melewati batas hingga dapat menimbulkan kebencian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)