4 Dok Kering Kapal Selam Nuklir AS Ditutup Gara-gara Takut Diguncang Gempa

Selasa, 31 Januari 2023 - 10:28 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, patahan itu memiliki peluang 37% menyebabkan gempa setidaknya berkekuatan 7,1 dalam skala Richter dalam 50 tahun ke depan.

Angkatan Laut secara sadar membangun galangan kapal Puget Sound di zona seismik aktif, tetapi beberapa dok keringnya tidak cukup kuat menahan gempa besar.

Misalnya, salah satu slot yang termasuk dalam urutan suspensi dilaporkan dibangun di atas “tanah dan timbunan yang tidak terkonsolidasi”, menempatkannya pada risiko likuifaksi yang lebih besar selama gempa besar.

Meskipun Angkatan Laut bersikeras penutupan dok tidak akan memengaruhi “kemampuan pencegah strategis” negara tersebut, langkah tersebut dilakukan pada saat 36% kapal selam serang AS sedang menjalani pekerjaan pemeliharaan atau menunggu layanan.

Bahkan sebelum penangguhan, Angkatan Laut hanya memiliki 18 dok kering untuk merawat semua kapal selam dan kapal induknya.

“Selama dekade terakhir, hanya 20-30% proyek pemeliharaan kapal selam yang selesai tepat waktu,” ujar Angkatan Laut tahun lalu.

Galangan kapal Puget Sound berusia lebih dari 130 tahun, dan peningkatan hanya ke salah satu dok kering yang ditangguhkan akan menelan biaya sekitar USD667 juta.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)