Paus Fransiskus Klarifikasi Komentarnya Terkait Homoseksual

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:14 WIB
loading...
Paus Fransiskus Klarifikasi Komentarnya Terkait Homoseksual
Paus Frasiskus. Foto/CNA
A A A
ROMA - Paus Fransiskus mengklarifikasi komentarnya terkait homoseksual dan dosa. Paus mengatakan dia hanya mengacu pada ajaran moral resmi Katolik yang mengajarkan bahwa setiap tindakan seksual di luar pernikahan adalah dosa.

Dan dalam catatan Jumatnya, Paus Fransiskus mengingatkan bahkan ajaran hitam-putih itu tunduk pada keadaan yang mungkin menghapuskan dosa sama sekali.

Paus Fransiskus pertama kali membuat komentar dalam sebuah wawancara pada 24 Januari dengan The Associated Press, di mana dia menyatakan bahwa undang-undang yang mengkriminalkan homoseksual adalah tidak adil dan menjadi homoseksual bukanlah kejahatan.



Seperti yang sering dilakukannya, Paus Fransiskus kemudian membayangkan percakapan dengan seseorang yang mengangkat soal ajaran resmi gereja, yang menyatakan bahwa tindakan homoseksual itu berdosa, atau tidak teratur secara intrinsik.

"Baik, tapi pertama-tama mari kita bedakan antara dosa dan kejahatan," kata Paus Francis. “Ini juga merupakan dosa untuk tidak saling beramal,” imbuhnya seperti dikutip dari ABC News, Minggu (29/1/2023).

Komentarnya yang menyerukan dekriminalisasi homoseksual dipuji oleh para pendukung LGBTQ sebagai tonggak sejarah yang akan membantu mengakhiri pelecehan dan kekerasan terhadap orang-orang LGBTQ. Tetapi rujukannya pada "dosa" menimbulkan pertanyaan tentang apakah dia percaya bahwa hanya menjadi gay itu sendiri adalah dosa.

Pendeta James Martin, seorang Yesuit Amerika yang menjalankan pelayanan Outreach yang berbasis di AS untuk umat Katolik LGBTQ, meminta Paus Francis untuk klarifikasi dan mencetak tanggapan tulisan tangan paus di situs Outreach pada Jumat malam.

Dalam catatannya, Paus Francis menegaskan kembali bahwa homoseksualitas “bukanlah kejahatan,” dan berkata dia berbicara “untuk menekankan bahwa kriminalisasi itu tidak baik dan tidak adil.”

“Ketika saya mengatakan itu dosa, saya hanya mengacu pada ajaran moral Katolik, yang mengatakan bahwa setiap tindakan seksual di luar nikah adalah dosa,” tulis Fransiskus dalam bahasa Spanyol, menggarisbawahi kalimat terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)