5 Negara dengan Populasi Pemeluk Agama Buddha Terbesar di Dunia

Sabtu, 28 Januari 2023 - 18:15 WIB
loading...
A A A
3. Jepang

Pada urutan ketiga ada negara Jepang dengan total pemeluk Buddha sebanyak 45,8 juta penduduk atau 9,4% dari total penganut Buddha di seluruh dunia. Sebagian besar penganut Buddha terbesar di Jepang masuk dalam kelompok Nichiren.

Jepang mengenal Buddha pada abad ke-6 setelah para biksu China melakukan perjalanan ke wilayah Jepang sembari membawa kitab sucinya. Sehingga para penduduk jepang mulai mempercayai dan menganutnya sebagai agama tradisional Jepang.

4. Myanmar

Myanmar merupakan negara penganut Buddha keempat di dunia dan berada di posisi kedua di wilayah Asia Tenggara. Jumlah penduduk Myanmar yang menganut Buddha mencapai 41.440.000 orang.

Sebagian besar penduduk Myanmar menganut Buddhisme Theravada yang menekankan kepada kepatuhan agama yang ketat. Buddha merupakan agama tradisi penduduk Myanmar yang dimulai oleh kerajaan Pakan pada tahun 1044 Masehi.

5. Vietnam

Vietnam juga termasuk negara dengan populasi pemeluk Buddha terbesar kelima di dunia dan berada di urutan ketiga di wilayah Asia Tenggara. Jumlah penganut Buddha di Vietnam mencapai 14.380.000 penduduk.

Agama Buddha pertama kali datang di negara Vietnam pada awal abad ke-3 atau ke-2 sebelum masehi. Buddhisme Vietnam bertalian erat dengan unsur-unsur Taoisme, spiritualitas Tionghoa serta agama tradisional Vietnam.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)