5 Negara dengan Populasi Pemeluk Agama Buddha Terbesar di Dunia

Sabtu, 28 Januari 2023 - 18:15 WIB
loading...
5 Negara dengan Populasi Pemeluk Agama Buddha Terbesar di Dunia
5 negara dengan populasi pemeluk agama Buddha terbesar di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara yang memiliki populasi pemeluk agama Buddha terbesar di dunia. Sebagian besar negara penganut Buddha paling banyak berada di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara.

Buddha merupakan agama terbesar keempat di dunia, di mana terdapat lebih dari 535 juta atau setara dengan 7% dari jumlah total keseluruhan populasi penduduk yang ada di dunia.

Berdasarkan data world population review, Populasi penduduk Indonesia yang menganut Buddha sekitar 1,8 juta penduduk. Jumlah tersebut ternyata sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara tetangganya.

Lantas negara manakah yang menganut agama Buddha terbesar di dunia ? Berikut lima negara dengan pemeluk Buddha terbesar di dunia :

1. China

China telah menduduki posisi pertama sebagai negara dengan populasi pemeluk Buddha terbanyak di dunia. Ajaran Buddha, yang dibawa Siddharta Gautama, menyebar dari India ke China sejak abad pertama Masehi.

Total populasi Umat Buddha di China mencapai sekitar 254,700,000 orang atau setara dengan 50% lebih dari jumlah penduduknya. Salah satu alasan Buddha populer dan mudah diterima masyarakat China karena dianggap sebagai agama tradisi.

2. Thailand

Thailand merupakan penganut Buddha terbesar kedua di dunia dan berada di posisi pertama jika di kawasan Asia Tenggara. Penduduk yang menganut Buddha di negara Thailand mencapai 66,120,000 orang atau setara dengan 92.60% dari total jumlah penduduk.

Penghormatan terhadap Buddha adalah sebuah prinsip penting yang harus dijalankan penganut Buddha di Thailand. Penghinaan atau pencemaran terhadap Buddha adalah satu hal yang sangat dilarang, bahkan bisa dijatuhi hukuman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)