Alexa Prediksi Rusia Serang Jerman 23 November dan Jadi Perang Dunia III?

Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:16 WIB
loading...
Alexa Prediksi Rusia Serang Jerman 23 November dan Jadi Perang Dunia III?
Video rekayasa seolah-olah Alexa memprediksi Rusia menyerang Jerman pada 23 November 2023 dan menjadi awal Perang Dunia III. Foto/Twitter/@ronin19217435
A A A
WASHINGTON - Sebuah video yang seolah-olah menggambarkan Alexa, asisten suara Amazon, memberikan tanggal 23 November 2023 sebagai hari serangan Rusia ke Jerman yang sekaligus menjadi awal dari Perang Dunia III . Video ini dengan cepat menjadi viral.

"Perang Dunia III dimulai pada 23 November 2023 pukul 18.05, ketika Rusia meluncurkan serangan terhadap Jerman," bunyi gadget yang diaktifkan dengan suara dalam video tersebut, menanggapi pertanyaan tentang dimulainya Perang Dunia III.

Video itu telah ramai dibagikan di TikTok dan di Twitter. Namun, dari penelusuran digital diketahui bahwa video itu adalah rekayasa dari pengguna TikTok.



"Saya akan memberikannya pada Anda lagi," lanjut suaragadget dalam video rekayasa tersebut. "Alexa adalah Perang Dunia III 23 November 2023. Mulai pukul 18.05."

"Jawaban: Rusia akan menyerang Jerman," imbuh suara gadget dalam video itu.

Prediksi itu, meski hanya rekayasa, terdengar sangat mengancam mengingat ketegangan terbaru antara Rusia dan kekuatan Barat, setelah pernyataan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock baru-baru ini yang menyebut bahwa Barat sedang berperang dengan Rusia.

Melalui kombinasi pencarian gambar terbalik dan kata kunci, Newsweek menemukan beberapa repost YouTube dari video tersebut tanpa teks, salah satunya bertanggal Desember 2021, yang mengungkap handle pengguna TikTok.

Meskipun akun tersebut tampaknya sudah tidak ada lagi, akun yang muncul dalam pencarian memang memiliki video tersebut di riwayat postingan-nya. Itu juga menandai pengguna TikTok yang berbeda, @jonbuckhouse.

Akun ini, pada gilirannya, tampaknya menjadi sumber "prediksi" tipuan itu. Video yang menampilkan pertanyaan Perang Dunia III itu di-posting oleh akun tersebut pada Jumat, 23 April 2021, menurut metadata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)