Nasib Devadasi India: Korbankan Keperawanan, Jadi Budak Seks atas Nama Sang Dewi

Selasa, 24 Januari 2023 - 09:52 WIB
loading...
Nasib Devadasi India: Korbankan Keperawanan, Jadi Budak Seks atas Nama Sang Dewi
Para anak gadis di India yang dijadikan devadesi dipaksa mengorbankan keperawanan kepada pria yang lebih tua dan hidupnya menjadi budak seks atas nama sang Dewi. Praktik ini telah dilarang tapi masih terjadi. Foto/via Ground Report
A A A
NEW DELHI - Didedikasikan untuk seorang Dewi India sebagai seorang anak gadis, tahun-tahun perbudakan seksual Huvakka Bhimappa dimulai ketika pamannya mengambil keperawanannya , memerkosanya untuk ditukar dengan saree dan beberapa perhiasan.

Bhimappa belum berusia 10 tahun ketika dia menjadi "devadasi"--gadis-gadis yang dipaksa oleh orang tua mereka untuk melakukan ritual pernikahan yang rumit dengan Dewa Hindu, banyak dari mereka kemudian dipaksa melakukan prostitusi ilegal.

Devadasi diharapkan menjalani kehidupan yang taat beragama, dilarang menikahi manusia lain, dan dipaksa saat pubertas untuk mengorbankan keperawanan mereka kepada pria yang lebih tua, dengan imbalan uang atau hadiah.

"Dalam kasus saya, itu adalah saudara laki-laki ibu saya," kata Bhimappa, yang kini berusia akhir 40-an tahun, kepada AFP, yang dilansir Selasa (24/1/2023).

Yang terjadi selanjutnya adalah perbudakan seksual selama bertahun-tahun, menghasilkan uang untuk keluarganya melalui pertemuan dengan pria lain atas nama melayani sang Dewi.



Bhimappa akhirnya lolos dari perbudakan seks tetapi tanpa pendidikan, dia menghasilkan sekitar uang setara satu dolar Amerika Serikat sehari dengan bekerja keras di ladang.

Waktunya sebagai pemuja Dewi Hindu; Yellamma, juga membuatnya dikucilkan di mata komunitasnya.

Dia pernah mencintai seorang pria, tetapi tidak terpikirkan olehnya untuk memintanya menikah.

"Jika saya bukan seorang devadasi, saya akan memiliki keluarga, anak, dan sejumlah uang. Saya akan hidup dengan baik," katanya.

Devadasi telah menjadi bagian integral dari budaya India selatan selama berabad-abad dan pernah menikmati tempat terhormat di masyarakat.

Banyak yang berpendidikan tinggi, terlatih dalam tarian dan musik klasik, menjalani kehidupan yang nyaman dan memilih pasangan seksual mereka sendiri.

"Gagasan tentang perbudakan seksual yang disetujui secara agama bukanlah bagian dari sistem patronase asli," kata sejarawan Gayathri Iyer kepada AFP.

Iyer mengatakan bahwa pada abad ke-19, selama era kolonial Inggris, pakta ke-Tuhan-an antara devadasi dan Dewi berkembang menjadi institusi eksploitasi seksual.

Sekarang ini berfungsi sebagai sarana bagi keluarga yang dilanda kemiskinan dari hierarki kasta kaku India yang paling bawah untuk membebaskan diri dari tanggung jawab atas anak perempuan mereka.

Praktik itu dilarang di negara bagian asal Bhimappa di Karnataka pada tahun 1982, dan pengadilan tinggi India menggambarkan pengabdian gadis-gadis muda ke kuil sebagai "kejahatan".



Namun, para juru kampanye anti-perbudakan seksual mengatakan bahwa gadis-gadis muda diam-diam masih dilantik ke dalam ordo devadasi.

Empat dekade setelah larangan negara, masih ada lebih dari 70.000 devadasi di Karnataka. Data ini diungkap komisi hak asasi manusia (HAM) India tahun lalu.

'Saya Sendirian'

Anak perempuan biasanya dianggap memberatkan dan mahal di India karena tradisi mahar pernikahan.

Dengan memaksa anak perempuan menjadi devadasi, keluarga yang lebih miskin mendapatkan sumber pendapatan dan menghindari biaya menikahkan mereka.

Banyak rumah tangga di sekitar kota kecil Saundatti di selatan-- rumah bagi kuil Yellamma yang dihormati--percaya bahwa memiliki anggota keluarga dalam ordo dapat mengangkat kekayaan mereka atau menyembuhkan penyakit orang yang dicintai.

Di kuil inilah Sitavva D Jodatti diperintahkan untuk menikahi sang Dewi ketika dia berusia delapan tahun.

Semua saudara perempuannya telah menikah dengan pria lain, dan orang tuanya memutuskan untuk mendedikasikannya pada Yellamma untuk menafkahi mereka.

"Ketika orang lain menikah, ada pengantin. Ketika saya menyadari saya sendirian, saya mulai menangis," kata Jodatti (49) kepada AFP.

Ayahnya akhirnya jatuh sakit, dan dia dikeluarkan dari sekolah untuk terlibat dalam pekerjaan seks dan membantu membiayai pengobatannya.

"Pada usia 17 tahun, saya punya dua anak," katanya.

Rekha Bhandari, seorang mantan devadasi, mengatakan bahwa mereka telah menjadi sasaran praktik "tradisi buta" yang telah menghancurkan hidup mereka.

Dia dipaksa masuk setelah kematian ibunya dan berusia 13 tahun ketika seorang pria berusia 30 tahun mengambil keperawanannya. Dia hamil segera setelah itu.

"Persalinan normal sulit. Dokter meneriaki keluarga saya, mengatakan bahwa saya terlalu muda untuk melahirkan," kata wanita berusia 45 tahun itu kepada AFP.

"Saya tidak mengerti."

Hubungan seks yang tidak aman selama bertahun-tahun membuat banyak devadasi terkena infeksi menular seksual, termasuk HIV.

"Saya tahu wanita yang terinfeksi dan tidak itu telah diwariskan kepada anak-anak mereka," kata seorang aktivis yang bekerja dengan devadasi, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada AFP.

"Mereka menyembunyikannya dan hidup dengan rahasia. Banyak wanita telah meninggal."

Orang tua kadang-kadang dituntut karena membiarkan anak perempuan mereka dilantik sebagai devadasi, dan perempuan yang meninggalkan ordo hanya diberi sedikit uang pensiun pemerintah sebesar 1.500 rupee (USD18) per bulan.

Nitesh Patil, seorang pegawai negeri yang mengelola Saundatti, mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada "contoh baru-baru ini" perempuan yang mengabdikan diri di kuil.

Komisi HAM India tahun lalu memerintahkan Karnataka dan beberapa negara bagian India lainnya untuk menguraikan apa yang mereka lakukan untuk mencegah praktik tersebut, setelah penyelidikan media menemukan bahwa induksi devadasi masih tersebar luas.

Stigma seputar masa lalu mereka berarti wanita yang meninggalkan tatanan devadasi sering menjalani hidup sebagai orang buangan atau objek ejekan, dan hanya sedikit yang pernah menikah.

Banyak yang mendapati diri mereka melarat atau berjuang untuk bertahan hidup dengan kerja kasar dan pekerjaan bertani yang dibayar rendah.

Jodatti sekarang mengepalai kelompok masyarakat sipil yang membantu melepaskan wanita yang diajak bicara AFP dari kehidupan perbudakan mereka dan memberikan dukungan kepada mantan devadasi.

Dia mengatakan banyak orang sezamannya beberapa tahun yang lalu menjadi asyik dengan gerakan #MeToo dan pengungkapan pribadi wanita selebritas di seluruh dunia yang mengungkapkan mereka sebagai penyintas pelecehan seksual.

"Kami menonton berita dan kadang-kadang ketika kami melihat orang-orang terkenal...kami memahami situasi mereka sangat mirip dengan kami. Mereka juga menderita. Tapi mereka terus hidup bebas," katanya.

“Kami telah melalui pengalaman yang sama, tetapi kami tidak mendapatkan rasa hormat yang mereka dapatkan," ujarnya.

"Wanita devadasi masih dipandang rendah."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)