Jerman Izinkan Negara NATO Ini Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Senin, 23 Januari 2023 - 09:44 WIB
loading...
A A A
Kritik itu muncul setelah 50 negara bertemu di Pangkalan Udara Amerika Serikat di Ramstein, Jerman, dan setuju untuk memasok Kiev dengan perangkat keras militer senilai miliaran dolar, termasuk kendaraan lapis baja dan amunisi.



Tetapi keputusan Jerman atas pengiriman tank tempur Leopard 2 yang banyak diminta—dianggap sebagai salah satu model dengan kinerja terbaik di seluruh dunia—gagal terwujud.

Meskipun mendapat tekanan dan kritik yang kuat, Jerman mengatakan belum memutuskan apakah akan memberikan izin kepada negara-negara Eropa lainnya untuk mentransfer tank buatan Jerman ke Ukraina.

Polandia telah mengumumkan siap untuk mengirimkan 14 tank Leopard ke Kiev tetapi Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengatakan pada hari Minggu bahwa dia sedang menunggu pernyataan yang jelas dari Berlin apakah negara yang memiliki tank Leopard dapat mentransfernya ke Ukraina.

Dia juga menggambarkan penolakan Jerman untuk mengirim tanknya sendiri ke Ukraina sebagai kebijakan yang "tidak dapat diterima".

“Orang yang tidak bersalah meninggal setiap hari,” katanya kepada kantor berita PAP.

Dalam pernyataan bersama hari Sabtu, menteri luar negeri dari tiga negara Baltik—Latvia, Estonia dan Lituania—mendesak Jerman untuk menyediakan tank Leopard ke Ukraina sekarang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)