Jerman Izinkan Negara NATO Ini Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Senin, 23 Januari 2023 - 09:44 WIB
loading...
Jerman Izinkan Negara NATO Ini Kirim Tank Leopard ke Ukraina
Jerman izinkan Polandia, salah satu anggota NATO, untuk mengirim tank tempur Leopard ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Berlin mengatakan siap memberikan wewenang kepada Polandia, salah satu negara NATO, untuk mengirim tank Leopard buatan Jerman ke Ukraina guna melawan invasi Rusia .

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan izin pengiriman tank tempur canggih itu akan diberikan jika Warsawa mengajukannya.

"Jika kami ditanya pertanyaan itu, maka kami tidak akan menghalangi," kata Baerbock kepada stasiun televisi LCI pada Minggu setelah pertemuan puncak Prancis-Jerman di Paris.

“Kami tahu betapa pentingnya tank-tank ini dan inilah mengapa kami mendiskusikannya sekarang dengan mitra kami. Kami perlu memastikan nyawa orang terselamatkan dan wilayah Ukraina dibebaskan," ujarnya, yang dilansir Al Jazeera, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Sekutu NATO Gagal Sepakat, Tak Ada Tank Leopard untuk Ukraina

Komentar tersebut menandakan bahwa Berlin siap memberi wewenang kepada negara-negara Eropa untuk mengirimkan tank buatan Jerman ke Ukraina di tengah meningkatnya tekanan dari Kiev dan sekutu lainnya untuk tindakan semacam itu.

Di bawah perjanjian lisensi Jerman, setiap negara pengguna tidak dapat mengirim tank Leopard ke negara lain tanpa persetujuan Berlin.

Sejauh ini, tidak ada tank tempur utama rancangan Barat yang dikirim ke Ukraina untuk pertempuran defensif melawan pasukan Rusia yang menyerang.

Ukraina telah berulang kali mendesak sekutu Baratnya untuk mengirimkan lebih banyak, dan lebih cepat, bantuan militer ke negara yang dilanda perang itu.

“Setiap hari penundaan adalah kematian orang Ukraina. Berpikir lebih cepat,” kata penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, pada hari Sabtu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1625 seconds (10.101#12.26)