Gasak Rp8 Miliar, Teller Bank Ini Tertangkap Setelah 25 Tahun Ngumpet

Sabtu, 21 Januari 2023 - 10:46 WIB
loading...
Gasak Rp8 Miliar, Teller Bank Ini Tertangkap Setelah 25 Tahun Ngumpet
Gasak Rp8 miliar, seorang teller bank di China ditangkap setelah buron selama 25 tahun. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BEIJING - Berakhir sudah pelarian seorang mantan teller bank di China yang mencuri lebih dari USD500 ribu. Ia tertangkap setelah bersembunyi selama 25 tahun dengan mengganti identitas dan menjalani operasi plastik untuk mengelabui polisi.

Pihak berwenang di Yueqing, sebuah kota sekitar 370 km sebelah selatan Shanghai, mengungkapkan secara detail kisah bak film-film pencurian di Hollywood di kehidupan nyata itu dalam sebuah postingan media sosial minggu ini. Cerita ini sangat menghibur para pengguna internet.

Pihak berwenang mengatakan Chen Yile menghilang pada tahun 1997 saat bekerja sebagai teller bank di China Construction Bank Corp. Saat itu ia masih berusia 26 tahun.

Dia diketahui mencuri sekitar 3,98 juta yuan atau sekarang senilai USD587 ribu (Rp8,8 miliar) dengan menggelembungkan rekening bank selama akhir pekan, lalu menarik uang tunai dari ATM.



Dia kemudian membayar puluhan ribu yuan untuk melakukan operasi plastik di dekat kota Wenzhou, lalu membeli kartu identitas baru dengan nama Jiang Mouhong di Shanghai.

Tidak hanya itu, Chen lantas memutuskan kontak dengan mantan suaminya dan menetap di Guangdong, di mana dia menikah lagi dan memiliki seorang putri serta memulai bisnis perlengkapan kebersihan.

Pihak berwenang di China mengatakan mereka melacaknya pada bulan Desember dan menuduhnya melakukan kejahatan termasuk korupsi, pemalsuan dokumen dan bigami.



Polisi tidak mengatakan bagaimana mereka menemukan Chen, tetapi mengatakan bahwa ayahnya melaporkan kejahatan tersebut pada tahun 1997. Chen secara fisik hanya dapat membawa sekitar 400 ribu yuan saat dia melarikan diri, dan menyimpan sisanya di rumah dan di rekening bank kerabatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)