Kapal Perang AS yang Meledak Harganya Rp10, 9 Triliun, 57 Orang Terluka

Selasa, 14 Juli 2020 - 07:59 WIB
loading...
Kapal Perang AS yang Meledak Harganya Rp10, 9 Triliun,  57 Orang Terluka
Kapal perang Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard, terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, Minggu (12/7/2020). Foto/Tangkapan layar video New York Times
A A A
SAN DIEGO - Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Bonhome Richard , terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego hari Minggu. Korban luka kini bertambah dari 21 menjadi 57 orang.

Ada sekitar 160 orang di atas kapal pada saat insiden terjadi. Menurut data Angkatan Laut AS, 34 pelaut dan 23 pekerja sipil terluka.

Lima orang masih dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi stabil pada Senin pagi. Menurut Angkatan Laut, para korban mengalami cedera kecil termasuk kelelahan dan menghirup asap. (Baca: Kapal Perang AS Terbakar dan Meledak di San Diego, 21 Orang Terluka )

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, total biaya pembangunan kapal perang ini diperkirakan USD761 juta (lebih dari Rp10,9 triliun). Kapal sepanjang 255 meter ini merapat di San Diego untuk menjalani pemeliharaan, modernisasi dan perbaikan senilai hampir USD250 juta .

Karena pekerjaan renovasi, hanya sebagian kecil dari total awak kapal sekitar 1.000 yang ada di kapal ketika kebakaran terjadi.

Petugas pemadam kebakaran bekerja di atas kapal sejak Minggu malam dan juga menggunakan helikopter untuk mencoba memadamkan kobaran api.

Penyebab ledakan dan kebakaran masih dalam penyelidikan. Pejabat Angkatan Laut AS, Laksamana Muda Philip Sobeck, mengatakan kepada The San Diego Union-Tribune bahwa Angkatan Laut percaya bahwa kebakaran dimulai di ruang kargo yang lebih rendah yang digunakan untuk menyimpan peralatan dan kendaraan laut.

"USS Bonhomme Richard bisa terbakar selama berhari-hari, turun ke saluran air," kata Kepala Pemadam Kebakaran San Diego, Colin Stowell, kepada CNN, Selasa (14/7/2020). (Baca juga: Analisis Mampu Tidaknya China Tenggelamkan Kapal Induk AS )

Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Michael Gilday menyebut kebakaran pada kapal perang tersebut "tragedi yang mengerikan."

"Pikiran dan doa kami bersama para Pelaut BHR kami, keluarga mereka, dan para responden darurat kami yang terus memerangi api," katanya dalam sebuah pernyataan. "Hasil positif," katanya lagi.

Kantor Layanan Cuaca Nasional (NWS) San Diego melaporkan bau asap yang sangat kuat terasa di kantornya di Rancho Bernardo. "Angin selatan dari pusaran pantai kemungkinan menyebarkan asap dari USS Bonhomme Richard utara di sepanjang koridor I-16," kata NWS di Twitter.

USS Bonhomme Richard yang berusia 23 tahun dirancang untuk mengerahkan mengerahkan dan mendaratkan helikopter, perahu kecil dan kendaraan amfibi.Belum diketahui separah apa kerusakan yang diderita kapal perang ini.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)