Kapal Perang AS Terbakar dan Meledak di San Diego, 21 Orang Terluka

Senin, 13 Juli 2020 - 06:58 WIB
loading...
Kapal Perang AS Terbakar dan Meledak di San Diego, 21 Orang Terluka
Kapal perang Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard, terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, Minggu (12/7/2020). Foto/Tangkapan layar video New York Times
A A A
SAN DIEGO - Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego pada hari Minggu waktu setempat. Sebanyak 21 orang terluka dalam insiden ini.

Puluhan korban luka itu terdiri dari 17 pelaut dan empat pekerja sipil. Juru bicara Naval Surface Force Armada Pasifik Amerika, Mike Raney, mengatakan kobaran api dilaporkan muncul tak lama sebelum pukul 09.00 pagi di kapal perang USS Bonhomme Richard.

"Delapan belas orang dirawat di rumah sakit dengan cedera yang tidak mengancam jiwa," kata Raney dalam sebuah pernyataan singkat seperti dikutip AP, Senin (13/7/2020), sebelum update terbarujumlah korban luka keluar. (Baca: 11 Kapal Iran Kepung Beberapa Kapal Perang AS dalam Jarak 9 Meter )

Dia tidak memiliki detail tambahan informasi perihal insiden kebakaran kapal perang tersebut. Sebelumnya para pejabat militer AS mengatakan setidaknya satu orang dirawat karena menghirup asap.

Penyebab kebakaran sedang diselidiki. Kapal perang yang terbakar adalah jenis kapal amfibi 840 kaki (255 meter). Kobaran api memunculkan asap besar dan gelap yang terlihat di sekitar San Diego.

San Diego merupakan pelabuhan rumah USS Bonhomme Richard dan sedang menjalani pemeliharaan rutin pada saat kebakaran terjadi.

Menurut Raney, sekitar 160 pelaut dan perwira berada di atas kapal. Itu jauh lebih sedikit dari biasannya yakni 1.000 pelaut dan perwira ketika kapal sedang bertugas aktif. (Baca juga: Analisis Mampu Tidaknya China Tenggelamkan Kapal Induk AS )

Kapal perang ini memiliki kapasitas untuk mengerahkan dan mendaratkan helikopter, perahu kecil dan kendaraan amfibi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)