Diduga Jadi Mata-mata China, Taiwan Tahan Pensiunan Laksamana

Jum'at, 20 Januari 2023 - 03:30 WIB
loading...
Diduga Jadi Mata-mata China, Taiwan Tahan Pensiunan Laksamana
Diduga Jadi Mata-mata China, Taiwan Tahan Pensiunan Laksamana. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Seorang pensiunan laksamana muda Taiwan dan seorang mantan anggota parlemen telah ditahan karena diduga melanggar undang-undang keamanan nasional pulau itu, kata pengadilan Kamis (19/1/2023). Ini adalah skandal mata-mata terbaru yang menghantam elite militer Taiwan.

“Hsia Fu-hsiang, yang menjabat sebagai Wakil Kepala Departemen Perang Politik Angkatan Laut dan mantan anggota parlemen Lo Chih-ming dianggap berisiko melarikan diri dan ditahan pada Kamis,” kata Pengadilan Distrik di Kaohsiung, Taiwan selatan, seperti dikutip dari AFP.



China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis sebagai bagian dari wilayahnya untuk direbut suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu. Kedua belah pihak saling memata-matai sejak Nasionalis melarikan diri ke pulau itu untuk mendirikan pemerintahan saingan pada tahun 1949.

Pada hari Kamis, pengadilan membatalkan keputusan yang mengizinkan jaminan awal bulan ini. Pengadilan juga mengutip risiko bahwa keduanya dapat berkolusi dengan saksi.

"Para terdakwa mengatur saksi untuk pergi ke China daratan dan (perjalanan) kemungkinan besar terkait dengan mempromosikan penyatuan" dengan China,” lanjut pernyataan pengadilan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang penyelidikan tersebut.

Menurut Kantor Berita Pusat semi-resmi Taiwan, Lo diduga merekrut Hsia dan pasangan itu menggunakan koneksi mereka untuk mengatur pensiunan perwira militer mengunjungi China sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan jaringan mata-mata di Taiwan.



Kasus mereka muncul tak lama setelah jaksa meluncurkan penyelidikan terhadap pensiunan Kolonel Angkatan Udara yang diduga merekrut setidaknya enam perwira aktif di Angkatan Udara dan Angkatan Laut untuk Beijing dalam delapan tahun.

Ada sejumlah kasus yang melibatkan mantan pejabat tinggi militer Taiwan yang dituduh mengembangkan jaringan mata-mata untuk China dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang pensiunan mayor jenderal di Angkatan Udara menerima hukuman percobaan empat tahun awal bulan ini karena menerima makanan dan perjalanan yang ditawarkan oleh seorang pengusaha Hong Kong yang diduga bertindak atas nama Beijing, setelah pengadilan mengatakan dia menunjukkan penyesalan dan tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)