Ahli Virus China Melarikan diri ke AS, Klaim Beijing Menutup-nutupi Corona

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:03 WIB
Kisah Yan dengan klaim yang luar biasa tentang virus corona yang ditutup-tutupi di tingkat tertinggi pemerintahan bisa mengekspos dorongan obsesif Presiden Xi Jinping dan Partai Komunis China-nya untuk mengendalikan narasi coronavirus, yakni apa yang diketahui China, kapan diketahui dan apa informasi yang diedit yang dijajakan ke seluruh dunia.

Yan, yang mengatakan dia adalah salah satu ilmuwan pertama di dunia yang mempelajari virus corona baru, diduga diminta oleh penyelianya di laboratorium rujukan Universitas/ WHO, Dr Leo Poon, pada tahun 2019 untuk melihat ke dalam kelompok aneh SARS seperti kasus yang keluar dari China daratan pada akhir Desember 2019.

"Pemerintah China menolak untuk membiarkan para ahli di luar negeri, termasuk yang di Hong Kong, melakukan penelitian di China," katanya. "Jadi saya menoleh ke teman-teman saya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut."

Yan memiliki jaringan kontak profesional yang luas di berbagai fasilitas medis di China daratan, yang telah tumbuh dan menyelesaikan banyak studinya di sana. Dia mengatakan itu adalah alasan tepat dia diminta untuk melakukan penelitian semacam ini, terutama pada saat dia mengatakan timnya tahu mereka tidak mendapatkan seluruh kebenaran dari pemerintah. (Baca juga: Media Australia Sebut Indonesia Akan Jadi Hotspot Covid-19 Dunia )

Seorang teman, seorang ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di China, memiliki pengetahuan tangan pertama dari kasus-kasus tersebut dan dilaporkan mengatakan kepada Yan pada 31 Desember tentang penularan dari manusia ke manusia jauh sebelum china atau WHO mengakui penyebaran semacam itu mungkin terjadi.

Menurut Yan, dia melaporkan beberapa temuan awal ini kembali ke bosnya. "Dia hanya mengangguk," kenangnya, dan menyuruhnya untuk terus bekerja.

Beberapa hari kemudian, pada 9 Januari 2020, WHO mengeluarkan pernyataan; "Menurut pihak berwenang China, virus tersebut dapat menyebabkan penyakit parah pada beberapa pasien dan tidak mudah menular di antara orang-orang...Ada informasi terbatas untuk menentukan risiko keseluruhan cluster yang dilaporkan ini."

Yan mengatakan dia dan rekan-rekannya di seluruh China membahas virus aneh itu tetapi dia segera mencatat perubahan nada yang tajam.

Dokter dan peneliti yang secara terbuka mendiskusikan virus itu tiba-tiba muncul. Orang-orang dari kota Wuhan—yang kemudian menjadi pusat wabah—diam dan yang lainnya diperingatkan untuk tidak menanyakan detailnya kepada mereka.

Para dokter berkata, dengan perasaan tidak enak, "Kita tidak bisa membicarakannya, tetapi kita perlu memakai masker," kata Yan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More