Pasukan Rusia Disuplai Jet Tempur Sukhoi Generasi Terbaru

Selasa, 22 November 2022 - 04:00 WIB
Pasukan Rusia Disuplai Jet Tempur Sukhoi Generasi Terbaru. FOTO/TASS
MOSKOW - United Aircraft Corporation memproduksi dan mengirimkan sejumlah jet tempur Su-30SM2 baru dan pelatih tempur Yak-130 ke Kementerian Pertahanan. Hal itu diungkap pemerintah Rusia dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (21/11/2022).

“Pabrik Penerbangan Irkutsk dari United Aircraft Corporation (UAC, bagian dari perusahaan negara Rostec) telah memproduksi dan mengirimkan pesawat tempur Su-30SM2 baru dan pesawat latih tempur Yak-130 ke Kementerian Pertahanan Rusia,” bunyi pernyataan itu.



Seperti dilaporkan TASS, kabinet Rusia mencatat bahwa Su-30SM2 adalah upgrade dari pesawat yang beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Laut Rusia.

“Pesawat baru telah menerima peralatan radio-elektronik onboard yang canggih. Upgrade yang dilakukan atas penugasan dari Kementerian Pertahanan Rusia telah meningkatkan kemampuan tempur pesawat. Secara khusus, jangkauan deteksi dan identifikasi target udara telah ditingkatkan,” jelas pemerintah Rusia.





Ditambahkan pula bahwa jet tempur baru itu mampu melakukan serangan terhadap target udara, darat, dan laut dengan senjata pintar baru dari jarak beberapa ratus kilometer.

Pesawat latih tempur dua kursi Yak-130 digunakan untuk pelatihan dasar dan lanjutan bagi pilot untuk belajar mengoperasikan pesawat tempur modern dan canggih, termasuk pesawat tempur generasi 4++ dan generasi kelima.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More