Sukhoi Su-30 Rusia Tabrak Permukiman di Siberia, 2 Pilot Tewas

Minggu, 23 Oktober 2022 - 22:00 WIB
loading...
Sukhoi Su-30 Rusia Tabrak Permukiman di Siberia, 2 Pilot Tewas
Sukhoi Su-30 Rusia Tabrak Permukiman di Siberia, 2 Pilot Tewas. FOTO/TASS
A A A
IRKUTSK - Sebuah jet tempur Su-30 jatuh di daerah perumahan di kota Irkutsk, Siberia. Pesawat itu jatuh saat penerbangan percobaan, jelas Kementerian Situasi Darurat Rusia , Minggu (23/10/2022).

"Sebuah pesawat Su-30 jatuh selama penerbangan percobaan. Pesawat itu jatuh di dalam batas kota, di area rumah keluarga tunggal," sebut pernyataan kementerian itu, seperti dikutip dari TASS.

Baca: Sukhoi Su-34 Rusia Tabrak Gedung Apartemen, 2 Tewas

Pesawat itu jatuh di sebuah rumah kayu keluarga tunggal, memicu kebakaran. Responden pertama sedang bekerja di tempat kejadian. Dua pilot yang mengawaki pesawat itu dilapokan tewas.

"Dua pilot tewas. Tidak ada korban di antara warga sipil. Api di darat telah dipadamkan," kata kementerian itu.

Dalam sebuah posting di Telegram, Gubernur Irkutsk Igor Kobzev mengatakan pesawat itu menabrak sebuah rumah berlantai dua di kota itu. Dia menerbitkan sebuah video yang menunjukkan petugas pemadam kebakaran memanjat puing-puing dan mengarahkan semburan air ke puing-puing yang masih membara.

Baca: Spesifikasi Sukhoi Su-34 yang Tabrak Apartemen di Rusia

Video insiden hari Minggu, dibagikan di media sosial, menunjukkan pesawat itu menukik hampir vertikal sebelum menabrak bola api, mengirimkan asap hitam pekat ke langit. Kobzev mengatakan 150 rumah di dekatnya tanpa listrik dan pekerjaan sedang dilakukan untuk memulihkan listrik.

Ini adalah insiden kedua yang melibatkan Sukhoi milik Rusia. Senin lalu, sebuah Sukhoi Su-34 menabrak sebuah blok apartemen di kota selatan Yeysk, dekat Ukraina, dan sedikitnya 15 orang tewas.

Pihak berwenang mengatakan penyelidikan awal bencana itu - di mana pilot terlontar - menunjukkan kerusakan teknis pesawat. Komite Investigasi negara Rusia mengatakan telah meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap pelanggaran aturan keselamatan udara.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2588 seconds (10.101#12.26)