Peta Menunjukkan Ukraina Mengalahkan Rusia, 50 Persen Wilayah Direbut Kembali

Minggu, 13 November 2022 - 06:40 WIB
Peta perang menunjukkan Ukraina mengalahkan Rusia, 50 persen wilayah berhasil direbut kembali. Foto/Twitter@JamesAALongman
KIEV - Perang Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina telah berlangsung selama lebih dari delapan bulan, namun momentum Moskow tampaknya berkurang. Hal itu ditunjukkan peta perang terbaru.

Pada hari Jumat, Rusia sepenuhnya mundur dari Kherson, pusat kota terbesar yang ditaklukkan oleh pasukan Putin sejak Kremlin meluncurkan invasi Ukraina yang dikutuk secara internasional pada 24 Februari.

Koresponden asing ABC News James Longman di Twitter membandingkan dua peta Ukraina selama pendudukan Rusia pada bulan Maret dengan November. Hasilnya menunjukkan bahwa Ukraina telah mendapatkan kembali 50 persen wilayahnya kembali.



"Inilah mengapa Ukraina menganggap kemenangan militer total adalah hal yang mungkin. Bagi mereka, bernegosiasi berarti memberikan wilayah kepada Putin. Tapi mereka telah memenangkan kembali 50% dari apa yang dia ambil pada awal perang," kata Longman seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (13/11/2022).

Setelah mendapatkan kembali kendali atas Kherson, bendera Ukraina dikibarkan di pusat kota oleh pasukan, melambangkan munculnya kendali Ukraina.



Wakil ketua dewan daerah Kherson, Yuriy Sobolevskyi, juga membenarkan kabar tersebut di saluran Telegram miliknya.

"Administrasi Negara Oblast Kherson. Foto diambil hari ini. Kehilangan yang misterius yang Anda tahu apa...Kherson dulu, sekarang, dan hanya akan menjadi orang Ukraina. Dan jika bukan kami, Anda (pasukan Rusia) akan melepaskan pakaian Anda (bendera Rusia)," tulisnya.

Secara historis, Putin telah menyebutkan bahwa dia bersedia melakukan negosiasi dengan Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelensky untuk menghentikan perang, tetapi hanya jika mereka menyetujui persyaratannya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan di televisi negara Rusia pada akhir Oktober: "(Kami) siap untuk berbicara dengan Barat tentang pengurangan ketegangan, tetapi hanya jika ada proposal yang realistis berdasarkan pendekatan yang setara."

Pernyataan Lavrov tidak memperjelas "proposal realistis" apa yang dapat diterima Putin atau negara mana yang ingin dia ajak bicara.



Rajan Menon, direktur Strategi Besar di Prioritas Pertahanan, mengatakan kepada Newsweek: "Ada laporan pers bahwa AS dan Inggris sedang mencoba melibatkan China dalam G20 untuk membantu pembicaraan damai. Saya tidak yakin bagaimana perasaan orang Ukraina tentang ini karena mereka tidak mempercayai Putin. Mereka merasa mendapatkan keuntungan secara militer. Ini adalah waktu yang mengerikan untuk menerima gencatan senjata. Ini akan meninggalkan sebagian besar wilayah Ukraina di tangan Rusia."

Pada hari Kamis, Zelensky men-tweet tentang bantuan lebih lanjut yang direncanakan Amerika Serikat untuk diberikan dan percakapannya dengan Presiden Joe Biden.

"Terima kasih POTUS & orang-orang yang ramah karena sekali lagi menunjukkan solidaritas - paket bantuan termasuk sistem pertahanan bantuan Avenger & rudal untuk sistem pertahanan udara Hawk," tulisnya.

"Bersama-sama kita membangun perisai udara untuk melindungi warga sipil Ukraina. Kita mendekatkan kemenangan atas agresor," sambungnya.

Secara total, menurut Statista, AS telah memberi Ukraina lebih dari USD28 miliar bantuan militer, lebih dari USD15 miliar bantuan keuangan, dan hampir USD10 miliar bantuan kemanusiaan.



(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More