Negara Muslim yang Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Sabtu, 12 November 2022 - 20:00 WIB
Baca Juga: Harapan Raja Salman Terkait Hubungan RI-Arab Saudi
3. Mesir

Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1946. Hubungan diplomatik Indonesia dan Mesir ditandai dengan penandatanganan ‘’The Treaty of Friendship and Cordiality’’ pada 10 Juni 1947. Penandatanganan tersebut disusul dengan pembukaan Perwakilan RI di Kairo pada tahun 1949.

Kerja sama bilateral ekonomi kedua negara ini mengalami peningkatan yang signifikan melalui kerjasama ekonomi multilateral seperti G-15, D-8, dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI). Mesir merupakan salah satu mitra ekspor Indonesia. Indonesia berhasil meraih surplus nilai perdagangan dengan Mesir. Barang ekspor Indonesia ke Mesir di antaranya kelapa sawit, ban, karet, benang filamen sintetis, alat elektronik, dan lainnya.

4. Malaysia

Malaysia adalah negara muslim yang sering disebut tetangga oleh Indonesia karena letak geografisnya. Hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia diresmikan pada 31 Agustus 1957. Sebelum peresmian tersebut, hubungan antara kedua negara sudah terjalin sejak lama, sebelum masing-masing negara menyatakan kemerdekaan.

Pada tahun 1963-1965, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia sempat mengalami masa konfrontasi. Akan tetapi, kedua negara mampu menempuh langkah untuk memulihkan hubungan. Hingga kini, Indonesia dan Malaysia banyak menjalin kerja sama di berbagai bidang, seperti politik, perdagangan, serta sosial dan budaya.

*diolah dari berbagai sumber

https://islamabad/id/read/pakistan/314/etc-menu

https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_luar_negeri_Indonesia#Amerika_Utara
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More