Negara Muslim yang Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Sabtu, 12 November 2022 - 20:00 WIB
Ilustrasi
JAKARTA - Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan banyak negara di dunia. Tujuan memiliki hubungan diplomatik dengan negara lain yakni untuk membangun relasi yang dapat memberikan manfaat bagi kedua negara di berbagai sektor.

Berikut adalah deretan negara Muslim yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.



1. Pakistan

Pakistan menjadi negara Muslim yang memiliki hubungan diplomatik cukup lama dengan Indonesia. Indonesia dan Pakistan sudah menjalin hubungan sejak lama. Pada Oktober 1947, Indonesia membuka kantor perwakilan di Karachi, hanya berselang dua bulan setelah Pakistan merdeka. Perwakilan diplomatik Indonesia kemudian ditingkatkan menjadi kedutaan besar pada tahun 1950.



Kerja sama kedua negara fokus pada penguatan hubungan politik dan keamanan, di samping peningkatan hubungan ekonomi. Pakistan masuk dalam 5 besar negara penyumbang surplus perdagangan Indonesia, dengan komoditas utamanya kelapa sawit.

2. Palestina

Indonesia menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina pada tahun 1988. Satu tahun setelahnya, Jakarta menandatangani ‘’Komunika Bersama Pembukaan Hubungan Diplomatik’’ sebagai penanda pembukaan Kedutaan Besar Negara Palestina di Jakarta. Pada beberapa forum seperti PBB, OKI, dan GNB, Indonesia menyuarakan dukungan terhadap Palestina.

Dalam kerja sama bilateral ekonomi, kedua negara belum menunjukan hasil kerja sama yang besar. Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi Palestina yang berada di bawah konflik. Kemudian, terkait kerja sama bilateral sosial budaya, Indonesia sudah menghasilkan peningkatan jumlah warga negara Palestina yang menempuh studi di Indonesia, melalui beasiswa maupun biaya pribadi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More