8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:58 WIB


Foto/REUTERS

Mitsubishi X-2 Shinshin menjadi contoh unik dalam daftar delapan pesawat jet tempur tercanggih di dunia. Alasannya adalah itu masuk kategori pesawat militer generasi kelima, namun Jepang tidak menjadikannya sebagai jet tempur melainkan sebagai pesawat uji.

Jepang menggunakan X-2 sebagai testbed untuk teknologi jet tempur lainnya. Latar belakang jet ini adalah bahwa Jepang ingin mengganti armada pesawat tempurnya saat ini. Pemerintah Jepang menghubungi Amerika Serikat untuk kemungkinan membeli F-22 Raptor, tetapi Kongres AS menjatuhkan kemungkinan itu demi melindungi rahasia militernya.

Penerbangan Shinshin pertama lepas landas pada tahun 2016 dan setelah tes yang sukses, dan Mitsubishi mulai memproduksi pesawat. X-2 adalah pendahulu F-3, jet tempur yang dirancang menjadi pesawat generasi keenam. Jepang akan memproduksi F-3 mulai 2027.

6. Lockheed Martin F-22 Raptor



Foto/REUTERS

F-22 Raptor menjadi jet tempur generasi kelima pertama di dunia. Jet tempur siluman ini mulai beroperasi pada tahun 2005. Pemerintah Amerika Serikat menghentikan program produksi dan pengembangan F-22 Raptor pada tahun 2011.

Meskipun merupakan bagian penting dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), meningkatnya biaya pengembangan dan pemeliharaan, serta kurangnya misi udara-ke-udara membuat produksinya diakhiri. Lockheed mengirim F-22 Raptor terakhir ke USAF pada 2012.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More