8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:58 WIB


Foto/REUTERS

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) memperkenalkan jet tempur terbaru F-35 Lightning II pada tahun 2015. Jet tempur siluman produksi Lockheed Martin ini memiliki tiga varian utama, dengan perbedaan dalam kemampuan pendaratan mereka.

Perkiraan biaya program F-35 sangat mengejutkan. Pemerintah AS menghabiskan USD1.508 triliun untuk jet tempur generasi kelima ini. Tetapi di sisi lain, Lockheed memproyeksikan bahwa USAF akan menggunakan jet tempur sampai tahun 2070. Meskipun F-35 menuai banyak kritik, termasuk banyaknya masalah pada sistem pesawat dan molornya waktu penyelesaian proyeknya, tentu saja tidak dapat dimungkiri bahwa ini adalah jet tempur paling canggih saat ini.

2. Sukhoi Su-57



Foto/TASS

Dikembangkan oleh Sukhoi Company, Su-57 menjadi jet tempur Rusia yang paling berteknologi canggih. Ini adalah jet tempur pertama yang menandai setiap kotak dalam daftar fitur-fitur jet-jet tempur generasi kelima. Sergey Bogdan adalah pilot pertama yang menguji coba Su-57 pada tahun 2010. Dibandingkan dengan F-35, Su-57 hanya menelan biaya sekitar USD10 miliar untuk riset, pengembangan, dan persiapan produksi Rusia.

Angkatan Udara Rusia awalnya diharapkan akan memperkenalkan pesawat tempur itu ke dalam layanan penuh pada 2019. Namun, pada 2018, wartawan melihat dua Su-57 muncul di langit Suriah.

3. Chengdu J-20
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :